nhk

Yamaha R25 Disusul Versi 300 cc, Lawan Ninja 300 dan CBR300

 

 

 

ManiakMotor – Yamaha R3 sudah tentu alias 1000 persen varian dari R25. Itu motor yang sama dan hanya melakukan bore-up dari R25 dan jadilah R3 yang artinya 300 cc dan tetap dua silinder. Versi bore-up ini ‘mudah’ diterapkan karena hanya memainkan option pada diameter silinder. Ya begitu terawangnya, karena wujud motornya juga belum dijual.

Yamaha Motor Corporation mematenkan R3 di Eropa dan Amerika, baru lalu. Dengan langkah itu, Yamaha YZF-R25 akan dikhususkan ke Indonesia dan R3 akan diedarkan ke benua tempat R3 dipatenkan. Kira-kira begitulah strategi pasarnya.

Jelas juga, arahnya akan bertempur dengan Kawasaki Ninja 300 cc dan Honda CBR300 yang juga beredar di benua tersebut. Dari struktur rangka dan dimensi bodi, ya sama semua dengan 250 cc. Tapi ada kelebihan lain, apaan tuh? ya lebih besar 50 cc brojack, ah macam itu saja ditanya.

Seperti contoh Ninja 300 yang dijual di sana dilengkapi sliper clutch dibanding Ninja 250 yang ada di Indonesia. Slipper clutch adalah perangkat kenyamanan yang bekerjasama dengan rumah kopling untuk menslip kampas agar tidak saling mendekap saat terjadi deselerasi. Mesin tetap tenang walau diumpan secepatnya ke gigi rendah.

Jangan khawatir di importir barang-barang aftermarket, barang seperti itu mudah didapat di Indonesia. Termasuk nantinya silinder kit R3 seperti milik Ninja 300 yang rame di sini. Tinggal ganti silinder, hup… jadilah 300 cc. MM

BACA JUGA

Tampang Asli Yamaha R25, Baru Tebakan..!

Yamaha YZF-R15 Vs New Vixion, Nih Bedanya Detilnya…

Yamaha New Eagle Eye GT125; Diluncurkan Langsung Goyang Pasar

 

 

BAGIKAN