nhk

Yamaha R25; Mesin DOHC, Busi Di Tengah, Terobosan Yamaha Indonesia

 

ManiakMotor – Mesin DOHC  (double over head chamshaft) Yamaha R25 adalah terobosan.  Kan baru R25 ini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjual teknologi dua noken-as, di luar moge loh. Otomatis perfoma motor 250 cc ini boleh diadu dengan Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250 yang dua-duanya juga DOHC.

Semua tahulah, sebut DOHC ada dua noken-as di kepala silindernya, otomatis juga ada empat katup di sana. “Dipastikan R25 bermesin DOHC. YIMM sudah siap dengan line produksi  untuk dalam negeri dan global,” jelas  Eko Prabowo  GM Marketing Communication & Community Development PT YIMM saat peluncuran empat moge Yamaha baru lalu di Cempaka Putih, Jakarta Timur. Eko juga mengabarkan soal desain bodi dan rangka nantinya untuk umum tak bakal banyak berubah seperti yang dicoba Valentino Rossi baru lalu dan sedang dipajang di Tokyo Motor Show saat ini yang disebut masih berupa konsep. Juga akan beredar di Indonesia semester 2 pada 2014.

Bukan soal dua kem dan empat klep. Tetapi yang paling utama sasaran dua kem ini, adalah empat lubang di kepala silinder, dua masuk dan dua buang. Itu yang sebenarnya ingin dicapai leh DOHC. Dengan empat lubang ini, layanan permintaan silinder 250 cc bisa dicapai bersaman. Istilah kerennya adalah efesiensi volumetrik. Tabung silinder sekali proses pembakaran akan terpenuhi, walau nama kabut bahan bakar dan udara terhadap 250 cc tidak mungki terisi dan terbakar semua.

 Yang terbakar itu hasilnya adalah tenaga bro. Dan yang tidak terbakar itu yang bikin kenalpot sampeyan jadi hitam akibat dari kualitas besin, perubahan suhu dan sebagainya dan sebagian jadi racun polusi.  Tatapi dengan DOHC, hal ini dieleminir. Apalagi dengan sistem injeksi dan dua silinder. 

Khusus dua silinder, kan ada dua tabung silinder yang memproduksi  tenaga. Putaran mesin tidak perlu tinggi-tinggi untuk mencapai tenaga yang diinginkan dibanding silinder tunggal. Juga spre part awet, getaran juga minim. Itu kelebihan dua silinder seperti yang terpatri pada Yamaha R25 untuk ukuran 250 cc.

Unggulnya DOHC yang otomatis multiklep adalah pembakaran yang kian homogen  dan prosesnya cepat. Salah satunya adalah posisi busi persis di tengah ruang bakar. Rambatan pembakarannya lebih singkat dan senter.  Itu akan mengurangi kerugian pembakaran seperti munculnya kerak dan bikin hitam kenalpot tadi. 

Dari foto yang beredar mesin R25 yang berupa konsep di Tokyo Motor Show memang kontruksi kepala silindernya lebih lebar, khas DOHC. Di batok kepala slindernya ada dua lingkaran sebagai dudukan kem bersama laher utamanya (main bearing) yang kalau di istilah mekanik zaman dulu disebut metal duduk. Selanjutnya tinggal menunggu speksifikasi terutama durasi kem yang dipilih R25 yang menentukkan waktu pembakaran. Ito  

BACA JUGA

Harga Yamaha R25; Di Antara Kawasaki New Ninja Dan Honda CBR250?????

Yamaha R25; Di IRS Sentul Akan Ikut Aturan Kawasaki Ninja 250, Tambah Bobot

Yamaha R25; Tinggalkan Rangka Deltabox, Pakai Pipa

Launching Moge Yamaha 2014; Lengkap Dengan Harga, Tapi Bukan Harga Yamaha R25, Bro

Kawasaki J Electric Three Wheeler EV Concept; Memaksa Ente Tiarap

Yamaha R25 (250cc); Pajang Dulu Secepatnya Di Tokyo Motor Show

 

 

BAGIKAN