nhk

Yamaha R25; Prediksi Aksesori/Asesori Yang Booming

ManiakMotor – Yamaha R25 memang belum muncul di Indonesia, adanya baru konsep dipajang di Tokkyo Motor Show. Namun para pebisnis aksesori sudah menduga-duga barang yang akan  laku dikonsumsi terhadap motor sportbike ini. “Saya yakin pemilik R25 mereka yang punya daya beli bagus. Mirip Ninja 250 dan Honda CBR250,” jelas Haryanto yang menjual produk Koso di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Percoyo kok. Kalau perlu, onderdil sasaran variasinya telah mulai diduplikat dari foto, lantas dikirim ke  Taiwan dan Cina, hehe. Awal-awal – lantaran masih sayang – sasaran kosumen masih seputaran bikin kinclong tampilan R25 dengan variasi bolt-on. Misalnya ganti baut dan mur yang silau man. Pokoknya mengganti yang tidak merombak banyak komponen aslinya, deh.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Untuk ukuran harga R25, aksesori baut macam itu coraknya mewah karena materialnya dari aluminium no.7 yang bermutu. “Bahan aluminium ini banyak dipakai pada akseori Ninja 250 dan CBR250. Bahkan yang campuran titanium yang mahal, juga saya produksi,” sumringan Haryanto alias Koh Awi yang juga terkenal dengan produk KTC-nya.

Angga Kurniawan lebih banyak cerita performa suspensi dan mesin ketimbang cerita aksesori penampilan. Pemilik toko suku cadang racing Anjany atau AR1 itu, sudah tunjuk kenalpot Akrapovic yang dipakai R25 saat dicoba Valentino Rossi. “Itu kenalpot nantinya juga jadi booming pengganti standar pabrik di R25. Tak mungkin, Akrapovic  yang mahal jadi gunuine part-nya,” alasan Angga yang bermarkas di jalan yang tak habis-habis alias Jalan Panjang, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Angga juga bilang kenalpot ini akan satu paket dengan piggyback. Itu loh, alat yang menyuntik ECU standar bawaan motor. Tugasnya seperti melepas limiter rpm dan sebagainya agar mesin meljit dari standar. “Sembari menunggu piggyback khusus R25, bisa kok pakai dari milik yang lain. Tinggal modifikasi soketnya. Tenang saja, saya punya program lengkap semua tipe injeksi yang diformat dari ECU asli motornya,” kata Angga dengan bahasa mapping. Ia juga menitipkan, aksesori yang laku lainnya adalah per klep. Ini barang yang sederhana tapi bermanfaatnya untuk harian.  

Pasti juga Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai penjualnya juga mempersiapkan alternatif lain soal tampilan. Hal seperti juga mereka lakukan pada New Vixion. “Soal mesin dan bodi tak banyak berubah dari konsep yang ada di Tokyo Motor Show,” kata Eko Prabowo GM Marketing Communication & Community YIMM.

Silakan bersabar sambil menunggu wujud aslinya. Ito  

BACA JUGA

Yamaha R25; Mesin DOHC, Busi Di Tengah, Terobosan Yamaha Indonesia

Launching Moge Yamaha 2014; Lengkap Dengan Harga, Tapi Bukan Harga Yamaha R25, Bro

Kawasaki J Electric Three Wheeler EV Concept; Memaksa Ente Tiarap

Yamaha R25; Tinggalkan Rangka Deltabox, Pakai Pipa

Aksesori Sasaran

          Tudung depan (windshield)

Kaca spion

          Selang rem

          Tail tidy

          Under tile

          Hand grip

          Frame slider

          Lampu LED

          Cover lampu

          Baut-mur variasi

          Tank grip

          Tutup radiator

          Tutup tangki

          Pijakan kaki

          Per kopling

          Kenalpot

          Piggyback

          Dan masih banyak lagi

BAGIKAN