nhk

Yamaha R25; Tinggalkan Rangka Deltabox, Pakai Pipa

ManiakMotor – Yamaha R25 pakai rangka pipa adalah terobosan. ‘Prakikrawannya’ begini, rangka tubular pada R25 seperti penegasan, walau pun belum dinyatakan, bahwa Yamaha juga boleh menyesuaikan dengan rangka tubular. Bahwa mereka juga bisa, selain konsisten dengan main frame yang kotak (deltabox) pada sportbikenya.

Rangka pipa lagi trend di dunia dengan sistemnya yang bisa knock down. Tentu beda dengan rangka tubular yang pura-pura dari versi modifikasi Indonesia, wkwkwk. Nah berhentilah pura-pura dengan R25.. Rangka utamanya boleh diurai yang memudahkan pembongkaran untuk perawatan dan sebagainya, juga lega. Kelebihan lain bisa disetel rigid dan lentur sesuai maunya sampeyan. Entalah pada R25 ini? 

 Dalam foto dan video, memang R25 masih ragu-ragu menonjolkan rangka pipanya. Tengok saja R25 yang baru berupa konsep dipajang di Tokyo Motor Show yang sedang berlangsung saat ini di Jepang. Rangkanya kebanyakan ditutup fairing, lantaran konsepnya full fairing. Sekali lagi kalau difoto, rupanya sudah jadi kesatuan alias tak bisa dibongkar pasang antara main frame dan sub frame. Itu baru foto, brosist.

Yang pasti ilmu rangka pipa Yamaha belum terhapus dan bisa mengimbangi deltabox mereka yang terkenal kompak dengan mesin. Lha wong motor dulu juga pakai rangka pipa yang diawali single cradle dan berlanjut pada doble cradle.

Contonya, Yamaha RX-King yang gesit dengan rangka double cradlenya. Saking gesitnya disukai para penjambret. Jangan-jangan, R25 jadi calon selanjutnya yang versi 4-tak, hehe. Bisa rame lagi nih jambret, kan ada tunggangannya. “Rangka ini sebenarnya ingin coba yang baru dari Yamaha,” jelas  M. Abidin, General Manager Service dan Motor Sport  PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat hadir di peluncuran motor terbaru Yamaha di Cempaka Putih, Jakarta Timur, 22 November 2013.

Cerita bodi belum bisa jadi acuan karena yang dipajang di Tokyo ini masih berupa konsep. Tapi sudah dijamin tidak banyak meleset jauh dari konsepnya untuk produksi massal. Yang bolong di depan seolah-olah airscop tak mungkin dipertahankan. Karena bolongan sebesar itu tidak dibutuhkan untuk mesin 250 cc harian sebagai penangkap udara ke throttle body. Ruang itu jadi tempat lampu. Soal serius, ya pasti serius, kan sudah dicoba jalan oleh Rossi. Seperti janji Yamaha Indonesia akan ada 2014.

Nah sengaja buru-buru ditampilkan di Tokyo Motor Show, agar sampeyan makin penasaran dan siap-siap mengatur keungan sejak sekarang. Ito

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha R25 Di Mata Builder, Upside Down Dan Lengan Ayun R6

Yamaha R25; Di IRS Sentul Akan Ikut Aturan Kawasaki Ninja 250, Tambah Bobot

Yamaha R25; Mesin DOHC, Busi Di Tengah, Terobosan Yamaha Indonesia

Yamaha R25 (250cc); Pajang Dulu Secepatnya Di Tokyo Motor Show

Harga Yamaha R25; Di Antara Kawasaki New Ninja Dan Honda CBR250?????

Yamaha R25 (250 cc); Kejutan Dua Silinder Sportbike Idaman

Motor Baru 2014; Yamaha R25 (R250); 2 Silinder Digeber Rossi, Sudah Ada Tuh!

Motor Baru 2014; Terobosan Teknologi Fungsional

 

 

BAGIKAN