Yamaha R3 di ARRC 2024, Bakal Ngacir Lewat Data dan Part Seperti di WSSP300? Manager Motorsport PT YIMM Buka Suara

Maniakmotor – Sekali-kali bahas balap Asia, ah. Betul bro, masuk ke kelas AP250, Yamaha R3 yang balap untuk ARRC 2024 punya kapasitas mesin 321 cc inline. Sehernya juga ada dua alias twin slinder dengan tenaga 42 PS pada 10.750 rpm dan trosi 29,6Nm pada 9.000 rpm.

Dari sononya aja udah ngacir, apalagi dipadukan dengan data WSSP300. Kan tahu sendiri joki-joki Indonesia sudah banyak yang bertukar ilmu di daratan Eropa itu.

Lantas, apakah bisa dari balapnya Dorna itu diterapkan di ARRC 2024 mendatang? Itu dijawab langsung Manajer Motorsport PT.Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Wahyu Rusmayadi.

Menurutnya secara pengalaman joki tentu bisa, tapi bukan motor, “kan beda regulasi mas. Di ARRC paling kita bisanya pakai Ecu Aftermarket di yang ada di Asia aja. Dan itu juga belun dicoba Yuki Ito pada testing kemarin,” ucap Wahyu.

“Sementara ECU R3 di WSSP sudah homologasi Dorna. Parameternya sangat berbeda kalau dibandingkan dengan spek Asia nanti,” tutur Wahyu.

Bukan berarti berbeda sepenuhnya ya bro, jangan salah sangka dulu. PT. YIMM sebenarnya sudah siap dengan part-part mesin, alias jeroan Yamaha R3.

Iya dong, kan blok mesin aja sebenarnya kerap PT YIMM yang ekspor ke luar negeri. Apalagi secara basic crankase dan crank shaft masih sama punya.

“Itu sih gak usah diragukan, kami selalu siap sedia. Dan menurut kami tim-tim berbasis mesin Yamaha di ARRC juga harusnya tidak perlu takut kekurangan,” tuturnya.

Dari sana Wahyu paham betul impact positif yang dapat diberikan lewat penggunaan Yamaha R3 di ARRC 2024 ini.

“Tentu kalau hasilnya positif ini bisa berpengaruh hingga ekspor di market Asia. Bukan ke pasar Indonesia ya, kan di sini Yamaha R3 enggak bisa dipakai,” ujarnya.

“Ya kita lihat saja, karena saat ini sebenarnya saya belum bisa bicara banyak. Apalagi saat testing kemarin juga masih menggunakan spek berbeda dengan yang nanti akan digunakan di musim ARRC 2024,” pungkas Wahyu.

Perlu diketahui, rupanya Yamaha R3 yang diuji coba Yuki Ito kemarin juga masih menggunakan Ecu STD. Bukan ‘Spek Tidak Diketahui’, hehe. Emang karena masih uji coba tahap pertama aja.

Mari kira tunggu perkembangannya.

GASPOLL RAIDER