Yamaha R3 ‘Tusuk’ CBR250RR di Race 1 AP250 ARRC Buriram 2024! Kok Bisa Ditusuk Mesin STD 12.500RPM? Nih Curhatan Mekaniknya

Maniakmotor.com – Di balap Internasional, hari ini dunia tusuk-menusuk lagi ramai-ramainya. Bukan tusuk sate ya mas bro, tapi ditusuk sama mesin Limitter rendah, haha.

Itu lho, Race 1 AP250 ARRC Buriram, Thailand 2024. Kalau bro kelewatan, Yamaha R3 bisa ‘menyalip’ CBR250RR di trek lurus sebelum tikungan terakhir. Ya bahasa kids-kids Night Ride, ‘ditusuk’ tadi bestie.

Lah kok bisa, wong limittternya cuma di angka 12.500 RPM. Itu pun masih dikeluhkan joki-jokinya karena sering ‘kepentok’ Limitter.

Nah, kali ini kita tanyakan langsung ke mekaniknya yang tuning Yamaha R3 ini. Siapa lagi kalau bukan punggawa Ondolomon Racing, Ko Robert Chong yang jadi kepala mekanik Yamaha Racing Indonesia.

Balik lagi, kita ngomong mesin standard. Maka enggak ada tuning detail seperti porting, apalagi noken. “Untuk mesin kan sesuai regulasi standard ‘ting-ting’. Jadi ini kita setting lebih ke total package aja,” ujar Robert Chong ketika dihubungi, di Buriram, Thailand,  Sabtu 16 Maret 2024.

Maksudnya lebih ke memaksimalkan potensi mesin standard Yamaha R3 tadi dengan kubikasi 321cc. Termasuk juga ukuran klep dan head yang memang lebih besar dari sananya itu.

“Pastinya memang ada pengubahan kalau berbicara mesin. Tapi untuk horse power enggak signifikan. Benar kata joki-joki, cenderung lebih ke torsinya. Jadi harus kita maksimalkan di suspensi, karena keluar masuk tikungan otomatis lebih cepat,” lanjut Robert.

Karena itu bisa ‘menusuk’ CBR250RR yang jadi kebanggaan banyak orang itu, hehe. Jarang kan Honda CBR250RR bisa disalip Yamaha yang sering dibilang menang look doang. Setidaknya kalau di dunia speeding, sama juga sih di ARRC, hehe.

Torsi ini penting banget bro, terutama di balapan sirkuit permanen. Kalau torsi dapet, keluar tikungan otomatis lebih cepat.

Makanya atasnya pasti juga lebih ketemu banyak. Top speednya pun di angka 198km/jam, alias tertinggi di kelas AP250.

Weits, tapi memangnya seberapa besar sih perbedaan torsi dari Yamaha R3 bila dibandingkan dengan Yamaha R25? Bukan main bestie.

“Bedanya lebih dari atau sampai dengan 15 persen. Kalau horse power sebenarnya cuma berbeda 1hp. Makanya penting banget kerja sama dengan Ohlins untuk memaksimalkan paket motor Yamaha R3 yang lebih galak di putaran bawahnya ini,” pungkas Robert.

Berarti selama ini kalah dengan CBR250RR di torsinya aja dong? Nanti kita lihat jawabannya di Race ke-2.

Gaspoll! RAIDER