Yamaha R9 Dikabarkan akan Dipakai di WSSP, Pengganti R6 di Era Supersport Modern?

    Maniakmotor – Yamaha R9 dikabarkan akan meluncur ke kelas Supersport modern menggantikan R6 yang sebenarnya saat ini tetap mendominasi.

    Istilah “modern” di sini diperuntukan karena tren baru supersport yang sekarang keluar beragam CC, nggak pakem di 600CC aje. Sebenarnya, yang sebelumnya kita kenal kelas “supersport” selalu identik dengan mesin 600cc 4 cylinder.

    Bahkan, di kejuaraan balap motor WSBK kelas supersport sudah dikenal sebagai WSSP ‘600cc’ padahal pesertanya tidak selalu menggunakan motor 600cc macam Ducati yang menggunakan Panigale 955.

    Nah, di tren supersport yang terbilang baru atau modern ini terdapat motor-motor keluaran baru yang bukan 600cc dan pastinya memiliki kinerja yang lebih kuat dari 600cc.

    Menyikapi hal tersebut, muncul rumor bahwa Yamaha mematenkan nama produk R8 dan R9 di jepang. Selain itu Yamaha juga mengajukan untuk mengeluarkan motor baru di Eropa dengan kode RN82 dan RN83.

    Dari intrik alias kode keras tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa pabrikan Garpu Tala akan memunculkan motor dengan kapasitas antara 750–1000CC. Namun bisa saja Yamaha R9 dari Yamaha ini hanya versi sport dari motor naked Yamaha MT-09.

    Pasalnya mesin MT-09 sendiri terdiri dari 3 silinder dan 890cc dan menghasilkan sekitar 120 HP. Ya jelas cocoklah untuk bersaing di kelas supersport “modern” yang kisaran horsepower pesaingnya dari 125 – 150.

    Kendati memakai mesin dari motor naked, pastinya MT-09 ini memiliki tenaga yang lebih besar dari R6 yang hanya mampu menghasilkan 115 HP.

    Namun walau kuat, kecepatan dan kekuatannya nggak terlalu beda jauh juga. Seperti versi nanggungm sehingga masih boleh berada di kelas 600cc.

    Kira-kira bisa disamakan seperti Triumph dengan mesin 765ccnya yang sudah di pakai kejuaran dunia Moto2, MV agusta f3 800, dan yang baru GSXR 750 4 silinder yang sudah dapat homologasi untuk dapat ikut balap di kelas WSSP di kejuaraan dunia WSBK.

    Yang pasti elas kelas supersport sekarang ini sudah tidak terpatok dengan mesin berkapasitas 600cc lagi. WSBK sendiri juga sudah menyesuaikan regulasi kelas WSSPnya untuk menyesuaikan dengan tren market supersport “modern”.

    Saat ini di kelas supersport baru ini Yamaha masih mengandalkan R6 sebagai ujung tombaknya. Namun konon, katanya Yamaha akan segera merancang motor baru untuk dapat bersaing diantara supersport tersebut.

    BONE

    Editor: MM

    BACA JUGA

    Rantai RCB 428 RO, Cocok Buat Kebut-Kebutan, Berkendara Jarak Jauh Sampai Balapan!