nhk

Yamaha Riding Academy (YRA) 2014; Tahap Awal Konsisten Titik Pengereman

 

ManiakMotor – Pembentukan mental, skill dan profesional adanya diYamaha Riding Academy (YRA). YRA rutin diadakan Yamaha Indonesia dari divisi sportnya saban tahun. Tahun ini sudah mulai pada  29 April 2014 di Sirkuit Sentul Internasional, Bogor, Jabar.

Pembalap Yamaha belajar dan diajari menggunakan Yamaha R6 di YRA. Joki yang ikut adalah Imanuel Pratna (Yamaha Indoprom RT),  Sigit PD  (TDR NHK FDR Yamaha Yonk Jaya), Anggi Permana (Yamaha Trijaya), M Zaki yang membela Yamaha Ridlatama, Fitriansyah Kete (Yamaha Tunggal Jaya), Rey Ratukore juga Yamaha Tunggal Jaya dan Tammy Pratama yang sehari-hari di Yamaha SND

Namanya juga riding, tak pernah ada habisnya dipelajari. Semakin naik skill mengendara, dituntut juga penyesuaian pada kendaraan terus menerus. Terutama yang dituntut penguasaan motor terhadap sirkuit. “Makanya pakai R6, agar mereka terbiasa menghendling motor sport yang punya tenaga dan basisnya asli untuk balap,” kata Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

YRA tahun ini akan ada tiga kali. Kali pertama ini fokus soal titik pengereman. Terutama penentuan titik yang diambil agar tidak kelebihan (over shot) dan kekurangan. Kalo over ya bablas di tikungan, masuknya jadi amburadul. “Bila titik pengereman pas dengan puncak kecepatan, masuk tikungan lebih enak,” tutur Yoshiyaki Kato, Instruktur dari Jepang.

Maksud si Jepang ini, bila brake point tepatpada jarak di mulut tikungan, di waktu bersamaan bobot motor pindah ke depan. Di saat sama juga  suspensi depan lagi posisi kompresi memendek. Situasi terhadp motor itu akan membantu pembalap memuluskan kecepatan motor di dalam belokan. Ya, hasilnya jadi kencang.

Menurut Rey Ratukore yang kemarin ikut IndoPrix, ia mulai mengerti apa tujuan pasnya tidaknya titik pengereman. “Di sport dan bebek itu hanya feeling kecepatan yang berbeda. Tindakan pengereman mah sama saja. Tapi dengan pelajaran ini saya tambah paham maksudnya racing line yang namanya out-in-out. Prakteknya akan mudah bila titik pengeremannya pas,” jelas Rey.

Tapi ngomong-ngomong lebih pas diterapkan saat di IRS Sentul dua minggu mendatang. Kan di IRS ada kelas Supersports 600. Ghalib

BACA JUGA

Pembalap Yamaha Indonesia, Latihan Menuju Suzuka 4 Hours Dan Moto2

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353