nhk

Yamaha Scorpio Discontinue; Bikin Sedih Modifikator

 

ManiakMotor – Yamaha Scorpio yang muncul 2001 silam rencananya akan tutup buku tahun ini. Bahasa kerennya discontinue alias berhenti diproduksi sama dengan stop jualannya. Kabar ini mengusik komunitas modifikasi, mulai dari pemilik motor hingga modifikatornya. Sejak awal nongol, Scorpio memang diminati karena memiliki dasar yang cukup dimain-mainkan di pada pertukangan penampilan.

Dari modifikasi rinngan tanpa utak-atik rangka sasis double cradle bawaan si Kalajengking ini ‘kena’. Bisa dibikin moge yang moga-moga gede sampai gaya bebas, “Cukup sulap kaki-kaki jadilah japs style, bobber,  café racer, ah pokoknya asyik deh pakai ‘bahan’ Scorpio,” ujar Ida Kristiawan, modifikator dari Kaloran Auto Custom di Sragen, Jawa Tengah.

Bicara modifikasi berat, mesin Scorpio memadai. Saat ini dialah DNA Yamaha di Indonesia kapasitasnya paling besar atau 225 cc. Ia bisa ikut sasis tipe apa pun, mau trail, sport tulen berfairing sampai cruiser macam Harley Davidson, “Mesinnya netral, dibikin apa saja cocok,” tambah Ida alias Doel yang karyanya memainkan bahan Scorpio telah dimuat portal ini dengan memainkan sokbreker belakang di samping mesin.

Mesin Scorpio aslinya dari Yamaha XT250 yang trail enduro. Karakter mesin 4-tak ini sengaja diambil untuk menggeser jualan Yamaha Rx-King 2-tak yang terkenal lincah dari mesin dan sasis. Scorpio disetting untuk itu dengan mesin 4 langkah. Ia  memiliki  bodi dan sasis yang sederhana dengan rake rapat.

Kabar berhentinya produksi Scorpio di 2014 akan membuat dunia modifikasi kehilangan. “Sekarang  susah cari unit bekasnya, kalaupun ada harganya lumayan. Mungkin karena pada tahu mau dihentikan penjualannya,” tukas Topo Goedel Atmodjo, juragan dari Tauco Custom di Kebagusan, Jakarta Selatan.

Normalnya harga keluaran di bawah 2007 dapat Rp 6-7 juta, kini minimal harus siapkan  Rp 9 juta. Itu masih dengan embel-embel kondisi harus disegarkan jeroanya. “Jujur buat penggemar modifikasi, basis Scorpio pas untuk diubah macam-macam. Karena bentuknya yang besar juga powernya besar, seimbanglah,” kata Lerry, modifikator dari Chaos Custom di Pancoran, Jakarta Selatan yang modifikasinya beraliran supermoto dan sejenisnya.

Nah, tahun ini akan keluar edisi penutup dari seri Scorpio, jika brosist berencana beli motor untuk kemudian di modif bisa ancang-ancang dari sekarang. “Scorpio itu standarnya saja memang enak. Saya ada rencana ambil seri terakhirnya untuk dipakai sehari-hari,” tutur Syambina Ali yang sudah punya Scorpio custom di garasi rumahnya.

Wah nggak jadi dihentikan jualannya. Adit

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha Scorpio 2014, Supermoto Ala Jepang ‘Buatan’ Indonesia

Lotus Bikin Motor Super, Gambarnya Dibocorkan Media

MV Agusta Dragster 800; Belum Dirilis, Gambar Sudah Beredar

Yamaha R25 Disusul Versi 300 cc, Lawan Ninja 300 dan CBR300

BAGIKAN