nhk

Yamaha Siapkan Sport Turing 250 cc, Tampilan Depan Mirip Xabre

Maniakmotor – Yamaha Brazil dan India berminat memasarkan Fazer 250 di negara masing-masing. Di India, isu motor tersebut kini telah tersebar di situs – situs India, sedang test ride Yamaha model Mule Spotted di berbagai jalur jalanan India. Tipe turing.

Fazer 250 Brazil dan India punya persamaan. Bedanya akan lahir di negara berbeda dengan aroma berbeda pula. Apalagi Yamaha India pernah memiliki model RD 350 yang telah melebur jadi model R3 dan MSlaz. Diurut lagi akan menjangkiti model spotted. Menjakiti atau terjangkiti podowae.

Pokoknya Fazer seperti kombinasi FZ Series dan Mslaz. Mslaz ini yang berada di Malaysia, Thailand dan Vietnam. Itu boleh dilihat pada kedok lampu hingga ke bodi belakang. Kalau di Indonesia ada yang diambil dari penggalan Xabre.

Mesin Fazer 250 adalah satu silinder 249 cc yang lebih mengutamakan torsi sesuai karakter turing. Tenaganya 20.7 PS dengan torsi maksimum 20.4 Nm, tanpa radiator. Jumlah transmisinya lima percepatan dengan suspensi depan teleskopik dan monosok belakang. Remnya cakram depan dan belakang. DioMotor terbaru jenis BS IV kode di Yamaha India.

Sasisnya rangkaian pipa-pipa yang diklaim asyik untuk kelenturan motor nggak bikin capek badan pengendara. Didukung ergonomic untuk peturing dan penjelajah. Setang lebih tinggi membuat badan pengendara jadi tegak. Herannya justru pijakan kaki malah persis di bawah pantat pengendara atau sedikit di belakang bak mesin. Mungkin maksudnya, agar manuver lincah.

Tangki bahan bakar didesain gemuk seperti Yamaha Byson dengan hiasan air scoop untuk mengalirkan udara pendingan. Bodi buritan sangat menggoda dengan cover tail yang ramping. Itu komplit dengan lampu rem LED.

Katanya Yamaha India akan mengekspor FZ 250 series ke Banglades dan Asia Tenggara. Untuk Yamaha Indonesia, sepertinya ini layak meneruskan kiprah Yamaha Scorpio. Tentunya dengan harga lebih kompetitif dengan pangsa model ini masih sangat besar di Indonesia. MM

BAGIKAN