nhk

Yamaha SR400 Yard Built, Karya Mekanik MotoGP Valentino Rossi

yamahasr400-modif-duobelgia

ManiakMotor – Seumpama judul di atas tanpa ada kata ‘mekanik Rossi’, mungkin Anda hanya melirik gambar-gambar pada artikel ini. Nah, Yamaha SR400 Yard Built ini merupakan proyek Yamaha Eropa yang menunjuk Fred ‘Krugger’ Bertrand, salah seorang modifikator custom top dunia. Fred pun kemudian menggandeng Bernard Ansiau, mekanik Valentino Rossi di motogp.

Keduanya, sama-sama berasal dari Belgia. Lo, emang Ansiau punya waktu senggang untuk memodifikasi motor. Karena, setiap dua minggu sudah pasti disibukkan dengan urusan Rossi. Malah, ada yang rentang waktunya cuma seminggu.

Makanya, Yamaha SR400 Yard Built ini selesai pengerjaannya menjadi model Sport Heritage alias cafe racer tidak cepat. Mau tahu! Lebih dari tiga tahun, bro, dari Yamaha SR400 sampai jadi Yard Built dengan motif kelir mirip Yamaha motogp kala dibesut Kenny Robert Sr. Bedanya, warna balap Kenny kuning bergaris hitam, ini biru garis hitam.

Kenapa Fred memilih Bernard. Apa hebatnya dia? Sebagai salah satu mekanik, ia patut ditiru. Karena, dalam laporan riwayat hidup penuh dengan legenda. Sebelum sama Rossi, ia menyiapkan mesin balap untuk pembalap-pembalap hebat Yamaha seperti Wayne rainey, Kenny Roberts Sr, Randy Mamola, dan Norick Abe.

Ah, bisa aja Bernard ngaku-ngaku pernah tangani mesin pembalap top. Selain dari CV, bukti itu bisa dilihat pada motif biru di sekujur bodi yang tertera nama para pembalap yang pernah di tanganinya.

Untuk proyek modif ini, Fred dan Bernard setuju dengan Yamaha SR400 sebagai bahan. Tenaga mesin SR400 yang kecil paling awal disentuh Bernard. Ia menjejalkan supercharger dari merek Aisin 300 dilengkapi dengan karburator S&S 48mm pada sistem injeksi bahan bakar. Trus, sistem saluran buang (exhaust) dari stainless steel. Sayang, tidak disebutkan berapa tenaga SR400 Yard Built.

Dari mesin beralih ke suspensi. Garpu depan asli bawaan motor ditukar sama Fox, tapi posisi lebih rendah. Sok belakang juga pakai Fox. Untuk speedometer sangat mungil dari Motogadget ditempatkan di depan segitiga setang dengan grip yang khusus.

Perubahan lain, tangki bensin. Standar motor disimpan dan dirancang ulang dengan model lebih sempit. Trus, pada ujung jok ada semacam kotak bukan sekadar variasi, tapi tempat menyimpan komponen listrik. Karena tenaga besar, performa rem di upgrade pakai Beringer.

“Yard dibangun betul-betul sepotong seni yang unik,” bilang Cristian Barelli, Koordinator Pemasaran Yamaha Motor Eropa. “Saya pikir, itu tidak mungkin memiliki mesin kustom bisa hidup dan bernafaskan sejarah balap kami leebih baik dari ini. Lebih dekat Anda melihat, akan banyak detail yang diketahui. Teristimewa, mengasosiasikan SR400 dengan balap MotoGP,” puji Cristian. Maliq 

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha RX-King (Jakarta), Café Racer Penggemar Berat The Doctor, King of King

Futsal Dibarengi Kontes Modifikasi, Cara Honda Silaturahim Sesama Komunitas

Modifikasi : Yamaha RX-135K Dari Negeri Jiran, Poles Sedikit, Ciamik!

Modifikasi Motor Klasik; Model Retro dari Motor-Motor Jadul Jepang. Tebak Aslinya Motor Apa?

BAGIKAN