nhk

Yamaha Sunday Race 2015 Final Sentul: Pancing Bengkel Biang Ramainya Balap

 

 

ManiakMotor – Kian  dalam pengetahuan balap motor Yamaha Indonesia (YI), Semakin Di Depan. Tentu buat meraka yang mengurusnya saat ini. Maklum di tangan mereka terjadi transisi alih teknologi dari karburator ke injeksi yang sempat bikin balap motor Indonesia linglung. Dasar-dasar soal teknik bikin motor konsisten sampai bikin ramai balapan, akarnya pun mereka pahami.

Cerita YI saat ini ada dua sosok. Yakni M Abidin dan Supriyanto. Abidin adalah GM Motor Sport dan Service YI.  Sedang Supriyanto manajer motorsport YI. Kata Abidin balap motor itu ramai munculnya antar bengkel. Sebab di sanalah bisnis menaikan performa motor menggeliat yang zaman sekarang sudah campur aduk dengan speed shop.

Bengkel mau ramai oleh konsumen yang ingin korek-korek ringan, promosinya di balap. After market mau ngetop, harus ‘bandel’ di balap. Balap adalah soko guru untuk jalanan.

“Saya tahu persis, road race 1993 tumbuhnya dari bengkel-bengkel korek. Speed shop saat itu masih sediikit,” jelas Abidin yang punya terobosan pada bebek injeksi lewat Z1 Racing yang dikirim ke Jepang. Alasan pakai teknologi Jepang ini, agar Indonesia segera loncati teknologi tak kelamaan hanya berkutat meriset injeksi. “Kalau kelamaan, kasihan timnya akan kehabisan dana, hehe,” timpal Supriyanto.

Belakangan katanya tetap ada bengkel, tapi mereka yang dari 90-an sudah jadi besar. Juga perkembangan zaman berdirinya tim profesional, sehingga bengkel-bengkel kecil yang baru mulai keteteran mengikuti. Peralihan juga terjadi, sponsor aftermarket bukan lagi ke bengkel yang dulu sekalian speed shop, tapi langsung ke tim  yang professional yang terbentuk alamiah oleh zaman.

Itulah alasan YI membuka wadah kelas komunitas di Yamaha Sunday Race (YSR). Pancingannya pun kena. Kelas komunitas ini  paling ramai pesertanya di R15 dan R25 sampai-sampai dibelah A dan B pada setiap kelas tersebut. Ini kelas fun namun berkompetisi dengan ukuran QTT dan race. Sersan alias serius tapi santai YSR telah berakhir serinya pada 15 November 2015 yang adanya hanya di Sentul International Circuit.

Lho apa hubungannya komunitas dengan bengkel? “Saat ini komunitas sudah disusupi bengkel-bengkel. Bengkel ini jelas ingin tancapkan nama di antara anggota komunitas. Dan itu wajar lantaran R15 dan R25 mainan baru dengan injeksinya yang punya market jasa, custom dan suku cadang racing. Ada demand. Menjadi tidak wajar, ndak semua peserta komunitas didompleng bengkel, mereka masih idealis sebagai hobi dengan moto kekeluargaan. Karena itu, tahun depan dibikin kelas eksibisi yang menampung bengkel susupan yang secara finansial kalah dengan tim prof,” jelas Abidin dan Supriyanto, serentak!

Kelas eksibisi ini posisinya terletak di antara prof dan amatir alias komunitas. Tapi itu tadi, lebih menampung bengkel-bengkel korek yang ingin meraih kesempatan jadi besar. Macam balap di Ancol dulu dan awal-awal road race di Sentul, justru yang ramai antarbengkelnya. Dan itu kembali diciptakan YI justru lewat komunitas.Bedanya sekarang motor injeksi dengan sport 4T. Miolo 

BACA JUGA

Hasil Final Yamaha Sunday Race (R-Cup Series) Sentul, Bogor, Jabar 14 – 15 November 2015

Hasil Final Yamaha Cup Race (YCR) Sentul, Jabar 11 – 13 November 2015

Yamaha Sunday Race (YSR) 2015 Final Sentul; R25 (Pro Rider); ECU Aracer Vs Piggy Back, Eh Juaranya R9

Yamaha Sunday Race (YSR) 2015 Final Sentul; Throttle Body Dikecilin, R15 (Pro Rider) Pangkas 1 Detik!

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; IRC Konsisten Dukung YCR, Sinergi Racing dan Harian!

BAGIKAN