nhk

Yamaha Sunday Race 2016: Komunitas Jadi Pro, Ingin Memperdalam Injeksi

 

 

ManiakMotor – Antusias komunitas yang ambil bagian di Yamaha Sunday Race (YSR) yang bisa disebut loyalitas. Bagi Yamaha mereka adalah aset. Mereka bagian dari ikon promosi. Promosi dari komunitas lebih dahsyat, promosi tradiosonal dari mulut ke mulut. Skarang sudah ada sosmed, mulutnya digantikan facebook dan sebagainya.

Makanya, ada kelas komunitas dan pro rider di Sentul International Circuit, tempat YSR diputar. “Pilihan tepat salurkan hobi balap, itu buat yang suka dari komunitas. Meski untuk itu perlu diatur lagi. Misalnya, soal sumber dana. Untung ada support konsumsi, bahan bakar, paddock dari panitia, itu cukup membantu,” kata Sudirno dari Yamaha V-ixion Club Kebumen yang datang ke Sentul Besar demi YSR.

Sudirno alias Dirno sudah tahun kedua ikut YSR. Bahkan, tak satu seri pun doi absen sejak digelar tahun lalu. Dirno hadir bersama 6 personil lain. Pastinya, mereka jadi bagian dari 207 starter yang hadir di seri 2 dengan peserta terbanyak kelas R25 Com B, yakni 76 starter.

Motivasi lain komunitas, soal tantangan pada teknologi injeksi. Sebab teknologi ini bukan hanya milik balap, komunitas harian juga ingin memperdalamnya. Ambil contoh, ECU, awalnya hanya sekedar aplikasi power cammander, ”Belakangan mulai berani improve set-up ECU. Itu tak lepas dari partisipasi aktif produsen lokasl seperti  BRT dengan Juken 3, aRacer dan SYS,” nilai Supriyanto, Manager Motosport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).  

Jadi, komunitas ingin mengenal dan produk pun memperkenalkan di YSR. Malah macam BRT sudah ada langkah training, “Mekanik komunitas pun bisa setting injeksi. Modalnya adalah kemauan, pasti  akan jadi ‘teknisi yang ahli’. Semua bisa mengerjakan sendiri soal injeksi, kok,” mantap Tomy Huang, bos BRT (Bintang Racing Team). Tuh, podium com A dan B 250 cc hasil binaan BRT.

“Di komunitas juga ada penjenjangan di YSR. Buktinya, juara Com 250 tahun lalu, naik ke Com Pro. Selain biar lebih kompetitif juga safety,” sambung M. Abdin, GM Service and Motosport YIMM. Bahkan, bukan tidak mungkin ada yang ke pro rider. “Tahun lalu, ikut com A 250. Meski masih adaptasi tapi senang bisa naik ke pro rider,” bilang Isyam Satrio (Yamaha TJM).

Sstt… seri 2 IRS Mei mendatang rider com A 250 bersiap joint di IRS (Kejurnas Sport), ”Selain program lanjutan dari YSR, juga memberi kesempatan bagi komunitas yang ingin menambah jam terbang. Ini balapan yang unik khas komunitas,” tutup Akira Nakatsuka, Advisor YIMM. Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race (R Cup Series) Sentul, Jabar 23 – 24 April 2016

Drag Bike 2016: Mac 23, Lurus Berprestasi, Di Yamaha Sunday Race Juga

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 2): Race R15, Tiga Pembalap Diberi Peringatan Keras

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 2), R25 (Pro Rider), Ilmu Dewa, BRT ECU Juken 3

Lautan Nmax Ikut Seri 2 Yamaha Sunday Race 2016 Di Sentul, Ih Keren..!

BAGIKAN