nhk

Yamaha Sunday Race 2016 Sentul: Kualifikasi R25 Pro, Masih Utak-Atik Elektronik

ManiakMotor – Utak-atik elektronik dengan ECU (Elektronic Control Unit) aRacer tipe RC2. Hasilnya adaalah power yang disemburkan 43.7 HP (dynotest). Tentu, masih banyak potensi yang dikembangkan, mengingat masih adapatasi dengan regulasi terbaru. 

 

Asli begitu! Apalagi kalo dilihat dari catatan waktu terbaik di sesi kualifikasi (19/3) ini. Cerita itu ada pada Yamaha YZF R25 Wilman Hammar alias Willy Hammer. Willy hadir sebagai salah satu peserta yang ambil bagian di Yamaha Sunday Race (YSR) seri perdana tahun ini. Rider yang membela tim Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin SSS Bahtera itu kuasai QTT R25 (rider pro). Woww! Best time yang dicetak Willy yakni 1.45.603 detik.

Kenapa wow? Coba bandingkan dengan best time YSR tahun lalu oleh Dellu Agung (AR-1 Abirawa) yakni 1.44.904 detik. Tahun lalu, regulasinya masih dengan kapasitas silinder 280 cc. “Tahun ini 250 cc, bagian dari adapatasi regulasi kejurnas sport 250 cc. Jadi catatan, ini berbeda dengan regulasi di Asia Road Racing Championship (ARRC). YSR boleh dengan camshaft custom,” kata Supriyanto, Manager Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). 

Progres signifikan oleh Widya ‘GDT’ Krida Laksana, kliker tim milik Novi Endaryono itu. Kata, GDT sapaan akrab mekanik asal Tulungagung, Jatim, riset ECU aRacer ini sudah dimulai tahun lalu.

“Aplikasinya memang lebih mudah dipahami dan juga lebih detil,” katanya. Singkat kata, set up ‘otak’ injeksinya mulai ketemu dengan dilengkapi data logger. Data terpantau lebih presisi, juga soal skill Willy yang jam terbangnya bertambah.

Untuk mekanikal kerja klep diperbaiki dengan sudut LSA yang lebih lebar yakni 112 derajat dan lift klep 8 mm. Itu itu mendongkrak RPM atas sampai  14.500. So, ditunggu pembuktian lanjutan di race day besok. Cerita Aracer juga menghantarkan Ivan Atmaja (B Pro Ilegal Racing) tercepat di sesi kualifikasi R15 Pro. Tunggu kisahnya! Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race (R Cup Series) Sentul, Jabar 19 – 20 Maret 2016

Yamaha Sunday Race 2016 Sentul: Zaman Sudah Berubah, Up To Date Elektronik

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 1); Hati-Hati Ada Vixion, Raja Sport Indonesia

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Sei 1): Perang Elektronik, Regulasi Kejurnas

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul: Bangganya Komunitas Lewat Desain Nomor Start

 

BAGIKAN