nhk

Yamaha Sunday Race 2016 Sentul Seri 2: QTT R15, Rafid Topan Tercepat, TB SYS 33 mm!

 

 

 

 

ManiakMotor – Rafid Topan ikut Yamaha Sunday Race (YSR) seri 2 bukan isapan jempol. Rider asal Tanjung Priok, Jakut itu terbukti ambil bagian di kelas R15 (pro rider). Topan langsung muncul di hasil kualifikasi R15, bahkan tampil sebagai pole potition dengan best time 1 menit 51.609 detik.

Ada apa gerangan? “Pemanasan jelang CEV Repsol Moto2 pada awal Mei mendatang. Tak kalah penting, jaga kebugaran fisik, feeling dan mental,” kata Topan yang kali ini membawa bendera Traxx-D Versah HDS Indoprom. Ya, mental, jangan sampai rider International dikalahkan pembalap nasional.

Topan bilang, YSR ini penting dalam konteks penjenjangan. Ehm.., Topan kan bisa begitu juga mantan asuhan Yamaha Jangan lupa juga Pan, YSR ini balap dalam konsep komunitas dan rider pro. Komunitas punya loyalitas adalah aset bagi Yamaha.

Topan pakai  R15 yang dikorek mekanik senior Hawadis. Mekanik ini usah diragukan lagi. HDS – sapaan Hawadis – piawai bikin porting head, kompresi, durasi hingga rasio. HDS sebut perbandingan kompresi  12,8: 1, durasi kem 265° (in-ex), rasio 13/34, 14/25, 19/26, 21/25, 26/22, 22/21.

“Secara prinsip sama dengan tahun lalu, hanya ganti knalpot SND (30 mm) yang disesuiakan dengan regulasi 150 cc,” jelas HDS yang disupport produk lokal macam knalpot SND, sokbreker Traxxion, rem Nissin, ECU aRacer dan sebagainya deh.

“Inilah salah satu misi YSR. Memberi wadah bagi part racing lokal membangun image. Faktanya, kompetitif dan terbukti bisa podium,” kata Supriyanto, Manager Motosport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). 

Upss…bicara part lokal, TB (Throttle Body) SYS yang diaplikasi pada R15 kelir merah itu juga menarik. Produk ini masih tahap riset, tapi sudah bertaji. “Diameternya 33 mm dengan single injector di depan TB. Model begitu punya kelebihan yakni bisa atur panjang dan posisi intake. Tenaga  atas mudah didapat macam di Sentul Besar ini,”  tegas Robert Cong, selaku distributor resmi SYS yang siap produksi TB ini pada bulan Mei ini (1-1.5 juta). Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race (R Cup Series) Sentul, Jabar 23 – 14 April 2016

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 2): Ssst… Ada Yang Baru Nih, Team Viewer 11, Apa Tuh?

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 2): Ayo Jangan Malu-Malu Mendaftar

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016: Kelas Moge Superstoc Betot YZF-R1M

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 1): Hadiah Bejibun, Yamalube Kasih Bonus!

 

 

 

BAGIKAN