nhk

Yamaha Sunday Race 2016 Sentul (Seri 3): Final YZF-R15, Balank Juara Umum Pakai R15 Korekan Hawadis

 

ManiakMotor – Febrianus Balank bukan demit tapi dia tampil kesetanan. Skillnya sudah seperti ‘setan’, tak peduli aral melintang, gas poll, nggak pakai rem blong. Berarti masih manusia juga. Dia masih pakai tata cara membalap dengan benar menggunakan  R15 di kelas YZF-R15 (pro rider). Tentu saja dalam rangka ronde 3 Yamaha Sunday Race di Sentul Besar pada Minggu 29 Mei 2016.

Balank termotivasi mengulang prestasi tahun lalu di kelas yang sama. Pakai R15 korekan Hawadis sukses finish terdepan dengan jarak lumayan jauh. “Fokus hanya finish pertama. Taka ada pilihan, selisih 4 point dengan pimpinan klasemen tak bisa dianggap enteng,” yakin Balank yang setia didampingi ibunda tercinta.

Beda 4 point dengan dengan pemimpin klasemen, Balank memang harus juara. Kalau itu berhasil, sudah nggak peduli posisi ke berapa pun saat race yang memimpin klasemen. Kan beda lima angka pont dengan juara ke-1 dengan kedua. Andai kedua pun yang memimpin klasemen, hasil akhirnya tetap Balank unggul. Jadilah   Balank yang berbendera Sidoraharjo TPK 48 DITS IRM PJM FDR Ardians UMA itu, juara umum. Kasih aplus dong…!

Apes bagi Syahrul Amin ((Yamaha Yamalube NHK SSS Nisisin NGK aRacer Bahtera RT) dan Fitriansyah Kete (Khevalindo Waloja). Kedua pembalap bersaiang dengan Balank itu, diteror mental Teror mental jadi cerita diarea waiting zone. Kete dari gesture selaku pemain senior cukup percaya diri dengan unggul 4 point. Tapi….”Baru 2 lap ada masalah dengan mesin. Padahal, awal lap sudah di posisi ke-2. Ini diluar kendali,” kata Kete yang berharap ada kejutan bersama tim privateer tahun ini.  Dari hasil invistegasi, R15 korekan Tommy Huang (BRT) itu ada masalah dengan swicth on off. Ya, mati-hidup-mati-hidup gitu deh!

Kete memang finish, tapi di posisi ke-12. Kondisi serupa juga dialami Syahrul Amin. “Pole potition ada kans saya untuk podium pertama, tapi baru 3 lap, rem depan blong,”timpal Wahyu Aji Tri Laksana (HDS Racing). Waduh, pakai mereka apa tuh master remnya? Kok bisa jebol? Nggak mungkin kan pakai jurus gas pol rem blong…

Eit, yang tak boleh dicermati adalah ‘bantuan’ yang kalau di balap disebut trategi dari Rafid Topan dan Wahyu Aji. Maklum, dua joki itu pakai motor punya pawing yang sama, bahkan satu paddock bersama Hawadis. Meski tak membenarkan soal tim order itu, tapi itulah yang bikin menarik final R15 Pro Rider.

Lalu, apa kata Hawdis (HDS Racing) dan Robert Cong (SYS) yang tangani R15 Balank?Ya, nanti kita ulas lebih lengkap lagi. Pastinya,TB SYS dengan  ECU aRacer, knalpot SND Racing, suspensi TRaxx D. Itu spek pembawa Balank juara umum. Mantap! Ardel   

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race (Seri 3) Sentul, Jabar, 28 – 29 Mei 2016

Yamaha Sunday Race 2016 (YSR) Seri 2: Catatan Waktunya R25 Pro Pecah-Pecah Sentul Besar 

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 3), Metal Spesial, Tampil Final!

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 3), Kualifikasi R15, Wahyu Aji Tercepat, Korekan HDS

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul, Grand Final, Pesta Balap Komunitas, Seri Pamungkas

BAGIKAN