nhk

Yamaha Sunday Race 2016 Sentul: Zaman Sudah Berubah, Up To Date Elektronik

 

ManiakMotor – Jumlah peserta professional di Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 memang menurun. Itu sesuai jumlah tim yang dikontrak Yamaha Racing Indonesia yang dipangkas tahun ini. Itu juga karena ekonomi negerikita semua ini merosot. Namun itu segera ditutupi peserta komunitas.

Begitu situasi seri pertama YSR pada hari pertama Sabtu 19 Maret 2016. Tentu saja di sirkuit langganan, karena hanya melepas Yamaha R-Series yang dijual di Indonesia.

“Di Komunitas ini justru yang hobi yang mengesampingkan materi. Tapi intinya tetap berjalan program memintarkan tim dan pembalap. Di Yamaha hal ini disebut edukasi, semakin memprofesionalkan yang prof,” jelas Supriyanto, manajer motorsport Yamaha Indonesia.

Seri pertama ini ada 207 starter yang terkumpul yang berlaga di kelas R15 dan R250 pada pro dan com. Waw mereka sangat antusias. Apalagi di antara sesama komunitas, ajang YSR dianggap fun. Hitung-hitung menjalankan hobi utak-atik motor dan sekalian balap.  

Menurut M Abidin yang GM Service dan MotorSport Yamaha, tahun ini ada perbedaan dengan tahun lalu. Terutama regulasi yang berubah total. Tahun lalu yang professional R25 bisa 280 cc. “Sekarang sesuai standar kejurnas dan ARRC. Tapi kami punya aturan sendiri sesuai hak OMR. Misalnya kem bisa dikotak-katik. Jadi    

Kelihatan di paddock masing-masing tim juga serius dengan lap top, nah itu yang profesional. Maklum, zaman sudah berubah. Kan sport yang wajib dibalapkan di YSR, di pasar umum sudah injeksi. Apalagi Yamaha tahun ini mewajibkan semua tim yang didukungnya wajib injeksi. “Langkah bagus. Tim pun langsung melakukan pengembangan ECU. Saat ini kami up to date pada ECU aRacer,” komen Novi Endaryono yang empunya Yamaha Bahtera yang didukung SSS tersebut. MM/Ardel

BACA JUGA

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 1); Hati-Hati Ada Vixion, Raja Sport Indonesia

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Sei 1): Perang Elektronik, Regulasi Kejurnas

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul: Bangganya Komunitas Lewat Desain Nomor Start

Jelang Yamaha Sunday Race 2016; Terjangan Imanuel Pratna

Workshop Ajak Peserta Yamaha Sunday Race 2016 Prepare Motor

 

 

BAGIKAN