nhk

Yamaha Sunday Race 2017 Seri 1: Tanpa Kualifikasi (R25 Pro), Rey Tercepat, Galang Ketiga, Beda Spek!

Yamaha, YSR, Sentul

ManiakMotor – Hujan lebat mengguyur sirkuit internasional Sentul, Bogor telah mengganggu jalannya kualifikasi  Yamaha Sunday Race (YSR), kemarin (22/4). Dari tujuh kelas, hanya tiga  bisa terlaksana, yakni R15 Com A, R15 Com B, dan R15 Pro. Sedang empat kelas lainnya, sedangkan empat kelas lain R15 Com A, R25 Com B, R25 Com Pro, R25 Pro dan Superstock diambil dari hasil latihan resmi (FP).

Di kelas R25 Pro, muncul nama Galang Hendra Pratama diposisi ketiga setelah mengukir  waktu 1:45.247 detik. Pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI) ini terpaut 0.517 detik dari rekan setimnya Rey Ratukore sebagai pole position. YRI sendiri sudah mengumumkan kalo kedua pembalap AP250 mereka akan meramaikan seri pembuka YSR 2017.

Galang harus buktikan performanya

Galang tampil di Sentul dengan R25 spek standart seperti di ARRC kelas AP250. Ini dibenarkan oleh Hawadis, pemilik tim  Yamaha Yamalube Aspira Premio FSCM WJ72 HDS R.T yang dibela GHP-sapaan akrab Galang Hendra Pratama. Ia bilang, sebenarnya saat latihan dirinya ingin memakai R25 dengan spek sama seperti pembalap lain. “Last minute motor jebol, makanya pakai motor yang ada,”ujar Hawadis yang juga andalalkan Wahyu Aji Trilaksana dan Febrianus Balank dikelas ini.

Jadi, di YSR kali ini GHP tarung seperti juga tahun lalu dengan spek standart. Bedanya, tambah Hawadis ini sudah pakai ECU aRacer. Bisa lebih dioptimalkan dari setting injeksi. Hawadis menginfokan  hasil dyno R25 yang dipacu Galang kisaran 40-an dk. “Tak ada pilihan. Coba lebih optimalkan riding style dan strategi main dilomba,”ungkap Galang yang berharap bisa podium.

Rey pun hadir karena keputusan tim. Tadinya, komandan skuad Yamaha Yamalube RRS TDR Gandasari Ratulama W.R, ini mau focus mentorin pembalapnya. Akhirnya ia ikut berlaga pakai sped IRS yang oleh Leon Candra, mekanik yang tangani R25 pacuan Rey, sebut hasil dyno-nya 43,7 dk. Jadi, Galang dan Rey memacu R25 dengan potensi power yang beda.

“YSR mengacu pada regulasi IRS. Mesin seperti kem bebas, gearbox bebas. Ini dengan harapan, tak banyak ubahan lagi saat main IRS. Beda dengan spek Asia seperti dibawa Galang, kem standart, gearbox standart,”timpal Wahyu Rusmayadi, Manager YRI (Yamaha Racing Indonesia). So, ini jadi ujian bagi GHP dengan gempuran spek motor yang beda. Bahkan, kabarnya R25 yang dipacu Wilman Hammar (Yamaha Bahtera) dan Rafid Topan Sucipto (Yamaha Syafina) sudah tembus 46-an dk. Wow! Ardel    

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race Sentul, Bogor, Jabar 22 – 23 April 2017

 

BAGIKAN