nhk

Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015 Sentul: Adu Pintar Mekanik Bermain Elektronik!

 

ManiakMotor – Ini yang menarik dari Yamaha Sunday Race R-Cup Series (YSRRCS). YSRRCS saat tulisan diketik Jumat siang 27 Maret sudah berlangsung. Pembalap dan mekanik lagi sibuk kotak-katik tipe sport yang wajib dipakai di YSRRC.

Kan nama awalnya R-Cup Series alias sport Yamaha yang berkode ‘R’ macam Yamaha R6, R25 dan R15. Kelihatannya sih di paddock acara ini sedang menggeber otak mekanik di Sentul International Circuit. “Nih lagi set-up kopling SYS. Elektronik bukan saya yang pegang, ada lagi orangnya,” jelas Robert Chong yang sangat sibuk di paddock Yamaha Lanay Jaya asal Kalimantan Timur… waw…

Selama ini mereka terbiasa berkutat di teknologi underbone dan tiba saatnya bermain dengan sport. Walaupun memang ada beberapa di antaranya sudah terbiasa dengan teknologi injeksi sebagai basic ketiga spek motor tadi. Misalnya Haris Shakti Wibowo alias Mlethiz di Yamaha Tri Jaya, Waskito ‘Merit’ Ngubaini pada Yamaha RPM dan Widya ‘Gendut’ Krida Laksana di Bahtera Racing adalah beberapa kliker yang mulai familiar dengan injeksi lewat Yamaha Z1.

Pun begitu, bukan tanpa tantangan,”Ya, ini kan tipe sport. Mapingnya jelas beda. Inilah saatnya membuktikan kemampuan terbaik dengan dukungan teknologi yang ada,” bilang Merit seraya menyebut produk a-Racer dipilih untuk ECU (Elektronic Control Unit).

Perang pemetaan piranti pendukung itu, akan terasa di semua kelas khususnya kelas professional yang aturan agak longgar.  Bicara produk ECU, memang menjadi salah satu isu hangat, selain Aracer juga ada produk API Tech (Thailand) dan Daytona. Tiga part pendongkrak injeksi itu dipilih masing-masing tim dengan pertimbangan masing-masing.

Tri Jaya dan Yonk Jaya pilih API Tech, lalu tim RPM dan Bahtera mantap dengan a-Racer. Pastinya, ECU adalah sebagai pengatur debit bahan bakar, udara dan pengapian di motor injeksi. ECU terhubung dengan sensor yang dipasang pada mesin atau bagian lain yang bubtuh disensor.  Hanya sekadar ECU sajakah? Kita tunggu kabar selanjutnya, lantaran kabar yang beredar pula ada tim yang sudah berani main rasio custom pula. Belum lagi adu teknologi spare part pendukung macam suspensi. Tuh sudah ada motorhome Ohlins di Sentul. Wow! Ardel

BACA JUGA

Yamaha Gelar Perdana Sunday Race R Cup Series 2015, Race Party R-Series

Jelang Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015; Pesta Marketing, Komunitas dan Gengsi Profesional

Regulasi Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015

Yamaha R-Cup Series 2015 Sentul Jelang Seri 1: Sudah Pada Siap-Siap Tuh

BAGIKAN