nhk

Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015 Sentul; Komunitas Bumbunya

 

 

ManiakMotor – Cerita komunitas R Series jadi bagian yang tak terlupakan dari hajatan Yamaha Sunday Race R Cup Series (YSRRCS). Munculnya YSRRC di Sentul International Circuit atau Sentul Besar dan sudah terlaksana seri pertama dari 28-  29 Maret 2015 adalah /3) kemarin, salah satunya untuk menampung mereka.

Kisah salah satu peserta yang bela-belain ‘pulang kampung’ demi menjajal aspal Sentul dengan nuansa kompetisi salah satunya. “Ada peserta yang bekerja di London dan sengaja pulang untuk R-Cup ini. Bukan masalah hadiah atau biaya pendaftaran, tapi prestige bisa memacu motor kesayangannya ikutan,” ungkap M. Abidin, General Manajer After Sales & Motosport Yamaha Indonesia (YI).

Ada pula, ‘drama’ dari  Machmud Alkadrie di R25 Class. Doi adalah  Ketua Koni Kalbar yang tak lagi muda (48 tahun). “Kalau tak di Sentul, mau di mana lagi balapan dengan R25. Hobi yang terbayar,” yakin pria kelahiran 8 Agustus 1967 yang motornya di tangani tim Daytona Proven Perfomance. Wow!

Sama juga yang diceritakan Indra dan Jimian dari Club R15 Indonesia Bogor. Keduanya datang mengaku bukan untuk berprestasi jadi jago di Indonesia. Tapi cukup untuk membawa nama club yang menaungi mereka. “Kan bangga di klub sendiri ikut. Bukan hanya balap adu kencang, di sini juga banyak tutor soal safety riding yang berguna buat teman-teman klub,” kata keduanya.

Dari data panitia menyebutkan anggota komunitas yang ambil bagian terdiri dari 11 starter R15 komunitas B dan 16 starter komunitas A. Sedangkan untuk R25 ada  55 starter komunitas B dan 15 starter komunitas A.  

Paling penting, bagi sebagian peserta ini adalah ajang seru-seruan. Boleh juga bernarsis ria buat mejeng di sosmed, bergaya untuk cerita keluarga, teman dan tetangga. Hehe.. Iya kan? Di sisi lain, tidak melupakan sisi edukasi dari balap itu sendiri. Makanya, ada briefing khusus mengenai tata cara lomba.

“Juga dapat panduan riding skill dengan CLV (Circuit Log Viewer). Lewat data logger akan terekam teknik braking, work throttle, suspension, dan lean angle. Dari situ kemudian bisa dievalusi riding skill si rider. Seri 1 ini memang baru 5 unit yang ready, seri 2 nanti 30 unit pasti siap,” sambung Supriyanto, maneger motorsport Yamaha Indonesia. Cerita lengkap CLV ini akan dibahas di tulisan berikutnya.

Antusias komunitas tadi dan diprediksi lebih tinggi lagi di seri berikutnya, membuktikan bahwa Yamaha, sport dan DNA adalah tiga kata kunci yang tak terbantahkan. Juga strategi marketing yang jitu untuk menjaga loyalitas konsumen. “Jadi penasaran juga ya ingin ikut jajal. Komunitas R series di sini tumbuh kok,” ungkap Ferry Majestic, komunitas dari Palembang, Sumsel.

So, buat yang belum ambil bagian, tunggu di seri berikutnya. Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race R-Cup Series Sentul, Bogor, Jabar 28 – 29 Maret 2015

Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015; Bahtera Racing Team, Tantangan Baru Di Kelas Sport!

Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015 Sentul; Tak Hanya Balap, Acara Lain Juga Banyak

R-Cup Series 2015 Sentul: Race R25 Class Dimenangi Ratukore, Pakai Mesin 280 cc

R-Cup Series 2015 Sentul: Ivan Pegang Race R15 Class, Unggul Pengalaman!

BAGIKAN