nhk

Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015 Seri 2 Sentul: R25 Yang 280 cc Vs Overheat = Riset!

ManiakMotor – Bukan sekadar kompetisi, tapi riset untuk mencapai teknologi balap motor terkini. Kan begitu konsep balap semerek alias one make race. Macam Yamaha Sunday Race R-Cup series (YSRRCS). Faktanya, event yang dihajat di Sentul International Circuit (SIC) (13-14/6) ini memang punya misi itu.

 Kalau disebut kompetisi, pasti Yamaha semua juaranya. Artinya, kompetisi yang dimaksud adalah diadu dengan merek lain. Bicara riset dan teknologi, pasti by prosses. Itu lantaran event yang mengadu tiga speksifikasi sport Yamaha  (R15, R25 dan R6) ini memang  ‘mainan’ baru bagi tim professional maupun komunitas.

Hasil kualifikasi menunjukan proses yang signifikan. Ambil contoh di YZF R25, “Best time di seri sebelumnya masih di 1.48 detik, saat ini sudah 1.45.3 detik. Berarti memangkas 2 detik lebih dalam kurun 2 bulan. Pasti dalam setiap tahapnya mengalami kendala. Problem piston macet misalnya, itu tak  apa-apa, justru mereka punya kesempatan belajar,” ujar M. Abidin GM service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang berkesempatan hadir langsung.  

Dari pantauan  pada beberapa tim yang sukses di kualifikasi membenarkan hal itu. Seperti cerita Widya Krida Laksana. Dia mekanik  tim  Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin Bahtera RT.  R25 korekannya tercepat saat kualifikasi lewat Sulung Giwa, “Sebelunya tetap mengalami piston macet, namun ketemu amannya,” kata Gendut yang memang Gendut dan akan menguji daya tahannya saat race.  

Haris Shakti Prabowo alias Mlethis juru korek Yamaha Yamalube Akaijaya BAF RMS KYT mengungkapkan hal yang sama. “Utamanya piston sebelah kanan. Perbandingan kompresi naik, material, sistem pendingin bisa jadi penyebabnya,” ujar Mlethiz yang anggap ini adalah kewajaran dalam proses riset. “Perbandingan kompresi sebelumnya 11,4:1, sekarang  12: 1. Memang ada kendala dengan sistem pendingian, coba diakali dengan optimalkan radiator,” sambung Gendut yang mempersiapkan blok silender terbaru untuk raceday Minggu 14 Juni ini.

Usut punya usut, korekan Waskito Ngubaini tuner Yamaha Yamalube RPM pun begitu. Pastinya, dengan volume silinder yang sudah membengak jadi 278 cc (63,5 mm x 44,1 mm) dari awalnya 250 cc gejala overheat bisa saja muncul. Tantangannya adalah bagaimana hal itu bisa diatasi pada daya tahan di 12 lap yang akan dilewati saat lomba. Oke, lebih lengkap ada pada tulisan berikutnya! Ardel

BACA JUGA

Hasil Seri 2 Yamaha Sunday Race R Cup Series, Sentul, 13 – 14 Juni 2015

Yamaha Sunday Race R Cup 2015 Sentul: Kualifikasi R25 Adu 280 cc, Sulung Tercepat!

Sunday Race With R Cup Seri 2 Sentul 2015: Manjakan Pecinta Balap Dan Komunitas

Yamaha Sunday Race R-Cup Series (YSRRCS) 2015: R25 ‘Wajib’ Bore-Up 280, Kompetitif!

 

 

 

   

BAGIKAN