nhk

Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015: Seri 3 Sifatnya Internasional

ManiakMotor – Spesial! Itulah kata yang menggambarkan Yamaha Sunday Race R Cup Series (YSRRCS) atau familiar dengan nama Yamaha Sunday Race (YSR). YSR seri 3 akan kembali  di Sentul International Circuit (SIC) dari 30 Oktober sampai  1 November 2015. Tiga hari penuh acaranya dengan kombinasi balap dan entertain Iainnya.

Dibilang spesial, lantaran punya sesuatu yang beda dibanding dua seri sebelumnya, “Untuk YSR seri 3 ini  statusnya International. Beberapa peserta dari negara Asean sudah menyatakan akan join. Mereka dari  Fhilipina, Malaysia, dan Australia. Mereka akan bertanding di kelas R25 dan R15 profesional (9 starter). Selain itu juga akan dimeriahkan kembali dengan coaching dari YRA Activity,” kata Supriyanto, Manager Motorspot PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Mantap!

Kalau cerita internasional untuk balapnya pastilah menarik. Khususnya Malaysia dan Australia mengirim pembalap mereka yang punya level dari negerinya. Mereka akan mengukur motor-motor di tim Yamaha Indonesia, khususnya R25 dan R15. Maklum di negera mereka ada juga tuh motor.  

Sedangkan YRA Activity, konsepnya edukasi komunitas dengan Yamaha Riding Analyzier. Ini semacam media berlatih untuk menganalisa kekurangan pada riding style. Karena hasilnya, bisa dilihat dan download  di web Yamaha.

Tentu tak kalah menarik, pertarungan di kelas-kelas professional R 15, R 25 dan R6). “Inikan sudah putaran ke-3. Masing-masing sudah punya data dan pengembangan performa pembalap dan motor. Proses riset dan hasil sebelumnya memberikan pengalaman bagi mekanik dan rider. Terlebih kita sudah menjuarai kejurnas 150 dan 250, ini akan memberikan motivasi lebih bagi mereka,” tambah Supriyanto.

Coba dipantau ke beberapa tim memang tampak antusias. Memang sih mereka antusias juga ngomongin MotoGP, hehe. “Kali ini coba riset terbaru yakni knalpot. Langsung dibawa Rey dari Jepang (Hit Man). Juga dengan ECU Juken 3, kejurnas balap motor seri 5 lalu mulai ada progress,” sahut Tomy Huang, punggawa BRT Racing Team yang andalakan rider senior Hendryansyah.

Hal serupa juga diungkapkan Haris Shakti Wibowo alias Mlethiz (Yamaha Tri Jaya). Mekanik muda potensial ini ingin membuktikan kembali kepiawaiannya, setelah dinobatkan sebagai ‘best mechanic’ di MotorPrix 2015 ini dengan memborong tiga gelar juara nasional (MP2, MP3 dan MP4). “Ini tantangan baru yang harus dibuktikan dengan kerja keras. Data dan iput dari seri sebelumnya jadi hal utama,” semangat Mlethiz.

Oke deh! Ardel

BACA JUGA

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Cirebon: Z1 Lawan Z1, Pemenangnya Elektroniknya

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Cirebon: ‘Rahasia’ Setting Z1 Ahwin Tanpa Lawan!

Sunday Race Seri 2 Sentul 2015: Komunitas Kelas Favorit, Yamaha Konsisten Edukasi

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Seri ke-6, Gelaran Perdana di Kota Cirebon

BAGIKAN