nhk

Yamaha Sunday Race R-Cup Series (YSRRCS) 2015: R25 ‘Wajib’ Bore-Up 280, Kompetitif!

ManiakMotor – Kompetitif! Begitu kata menggambarkan seri-2 Yamaha Sunday Race R-Cup Series (YSRRCS) seri 2. Lomba khusus motor sport Semakin DI Depan Itu berlangsung di Sentul International Circuit (SIC), Minggu ini (13-14/6). Dibilang begitu lantaran kali ini power motor lebih rata, utamanya di kelas Yamaha YZF-R 25.

R25 salah satu kelas dari tiga kelas yang dilombakan dengan antusias peserta paling tinggi. Seri 1 lalu, pengebut R25 tembus di angka 107 dari 3 kategori yakni professional, community A dan community B. Khusus komunitas, kompetisinya lebih santai. Pun begitu, persiapan performa kuda besi tetap serius alias tak setengah hati.  Beda professional, mereka adalah pembalap yang aktif ikuti kejuaraan resmi regional maupun nasional dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Gengsi jadi bumbu menarik pertarungan di kelas 250 cc itu.

Makin menarik, lantaran di seri sebelumnya justru disikat pembalap yang jarang terdengar di level nasional tapi aktif main di Sentul. Adalah Hendra Rusmana Rusbule (Daytona Droven Performance)  dan Doni Ramdani (Yamaha Sport Racing). Dua pembalap yang mencuri perhatian sejak sesi kualifikasi dan berlanjut  raceday dengan menempati posisi 2 dan 3. “Saya akan melanjutkan tren juara,” janji Hendra.

Pembalap selevel Irwan Adriansyah, Hendriansyah, Fitriansyah Kete dan sebagainya sukses diasapai keduanya. Usut punya usut, perbedaan volume silinder jadi penyebabnya. Ya, seri 1 lalu, ada yang sudah berani main bore-up,  ada juga yang masih standart lantaran persiapan yang mepet.

Soal bore atau menambah kapasitas silinder memang diperbolehkan di R-Cup Series, “Kami menghargai bisnis di suku cadang mesin yang optional sampai 280 cc. Blok silinder ini banyak beredar di speed shop Indonesia untuk R25. Makanya dilonggarkan sampai 280 cc agar bisnis mereka lancar. Balap bisa ramai, jika ada bisnis di situ,” jelas Supriyanto, manager motorsport Yamaha Indonesia saat seri 1 lalu.

Lalu, bagaiamana dengan seri 2 ini? Pasti lebih berani dengan persiapan riset yang cukup.   “Mau tidak mau harus bore-up mesin R25. Tak hanya di sektor mesin, gigi rasio juga di set up ulang,” ujar Hariz Shakti Prabowo alias Mlethiz punggawa MBKW 2 Racing (Jogja).  Hal serupa juga diakui oleh Widya Krida Laksana, kliker Yamaha Yamalube NHK IRC Bahtera Racing.  “Kita bore up dengan silinder-set milik  UMA Racing. Dengan diameter 63 mm, volume silinder jadi 274 cc (stroke standar 44,1 mm),” sambung Waskito Ngubaini alias Merit, kiliker kawakan dengan bendera Yamaha RPM.

Tak hanya Merit, Hawadis juga aplikasi UMA Racing. So, gimana hasilnya? Kita tunggu saja! Ardel

BACA JUGA

Yamaha Sunday Race R-Cup Series (YSRRCS) 2015 Seri 2: Ramai Pokoknya Sentul (Jelang)

Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015: Lanay Jaya NHK FDR SYS, Duta Luar Jawaa!

Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015 Sentul; Komunitas Bumbunya

Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015; Bahtera Racing Team, Tantangan Baru Di Kelas Sport!

Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015 Sentul; Tak Hanya Balap, Acara Lain Juga Banyak

BAGIKAN