nhk

Yamaha Sunday Race (YSR) 2015 Final Sentul; Throttle Body Dikecilin, R15 (Pro Rider) Pangkas 1 Detik!

 

 

ManiakMotor – Throttle body (TB) lebih dari 0.3 mm. Itu yang membuat Yamaha YZF R15 korekan Mlethiz didiskualifikasi di seri sebelumnya. Saat itu sudah sangat kompetitif. Kali ini diameter TB dibikin aman 33,5 mm dari aturan maksimum 34 mm (butterfly). Eh malah optimal atau lebih cepat 1 detik lebih 1:49.450, sebelumnya 1.51 detik.

Catatan itu didapat Anggi Permana  (Yamaha Yamalube KYT TDR IRC Trijaya Racing)  yang sekaligus jadi best time Qualifying Time Trial (QTT) di kelas R15 Pro Rider. Tentu saja terjadi di seri Final Yamaha Sunday Race (YSR) di Sentul International Circuit (SIC) (14-15/11).  “Kuncinya setting ECU tanpa mengabaikan korekan mesin. AFR saya bikin 12,5 dan setup flow rate 220. Pakai double injector (SRP dan Mio J)” tegas Mlethiz yang andalkan ECU Vortex.

Di seri sebelumnya, Hendriansyah pernah tembus 1.50.581. Itu artinya, pengembangan dan terutama injeksi memang sedang berjalan. “Tenaga masih bisa dioptimalkan banyak. Kebetulan sembari balap, daya tahan juga harus dihitung dari volume silinder yang membengkak hingga 180 cc,” nilai Novi Endaryono, pemilik tim yang menaungi Syahrul Amin yang bersaing di kelas ini.

Amin yang punya kans harus berjuang keras di race day Minggu (15/11) ini, lantaran start dari belakang (mesin jebol). Trouble daya tahan juga dialami oleh Tammy Pratama (Yamaha Yamalube KYT FDR SND), “Lift tinggi 9,0 mm, tapi justru ada masalah dengan per klep,” singkat Sandy Agung, pemilik sekaligus mekanik tim dengan kelir khas kuning itu. Nah!

Di final  Yamaha Sunday Race (YSR) yang otomatis seri pamungkas, persaingan menuju juara umum jadi perhatian.  Dari data standings point terpantau ada tiga rider yang punya kans mengunci gelar juara. Mereka adalah Febrianus Balank  dari tim HDS AHRS FB128 Racing Team (54 point), Hendriansyah dengan bendera Yamaha Nissin BRT HRP KYT FDR (41 point) dan Syahrul Amin bersama Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin Bahtera Racing Team (33 point).

“Minimal finish ketiga untuk amankan point. Ini adalah gelar prestistius pada tahun perdana penyelenggaraan Sunday Race. Mudah-mudahan performa motor tetap optimal,” yakin Balank.  Tak ingin menyerah, “Masih optimis dengan Juken 3 Racing Turbo Double Injector. Pembuktian produk lokal bisa memberi prestasi spesial,” yakin Tommy Huang, pemilik vendrl lokal BRT sekalgus kileker R15 pacuan Hendriansyah  yang tak mengkhawatirkan catatan Anggi Permana dari Trijaya lantaran tak masuk dalam persaigan poin. Ardel

BACA JUGA

 Hasil Final Yamaha Sunday Race (R-Cup Series) Sentul, Bogor, Jabar 14 – 15 November 2015

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; IRC Konsisten Dukung YCR, Sinergi Racing dan Harian!

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; YCR3 Z1 Racing Pemula Sudah Jadi

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; YCR1 Sorotannya Z1 Pada Injeksi Mekanik Lokal

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; YCR 5-6 Juaranya Aldy Satya, Diuntungkan Bobot!

BAGIKAN