nhk

Yamaha Sunday Race (YSR) 2015 Seri 3 Sentul: Animo Komunitas Meningkat, Ketat, Makin Taat!

 

ManiakMotor –Unik yang dibaca yunik pada Yamaha Sunday Race (YSR) atau Yamaha R-Cup Series. Kemarin YSR sudah seri 3 dari 30 Oktober sampai 1 November 2015 di Sentul Internationla Circuit (SIC) diramu Yamaha Indonesia (YI). YSR ‘diklaim’ sebagai  model balap yang hanya ada di Indonesia dengan perkawinan amatir dari komunitas dan professional. Ya sukses yang diucap sakses…

Pertanyaan kemasan sakses ini tahun depan macam gimana? Itu berkaitan dengan rencana – siapa tahu dana pemerintah cair – terhadap renovasi sirkuit Sentul terkait dengan program MotoGP Indonesia 2017. Maklumlah, SIC satu-satunya yang boleh menjalankan YSR. “Tahu dewek, YSR diikuti produk Yamaha R-Series yang semuanya sport dari 150 cc ke atas,” jelas Eddy Saputra dari tim Yamaha DS Moto Sakura Ohlins.    

Segera diredam Supriyanto selaku Manager Motorsport YI yang diperkuat M. Abidin GM After Sales & Motorsport YI. Kata keduanya, YSR dipastikan tetap berjalan pada 2016. “Targetnya tetap 4-5 seri, beberapa di antaranya tetap di Sentul Besar, karena diperkirakan renovasi baru berjalan Juni 2016. Opsi lain, bikin di sirkuit sirkuit alternatif seperti Bukit Mario, Sidrap, Sulsel. Beberapa waktu lalu, sudah uji coba R25 di sana. Ada koreksi layout dan lebar sirkuit harus diubah berkarakter rolling speed, agar R25 bisa menikung dengan gigi 2, saat ini tikungan-tikungannya masih gaya pasar senggol,” ujar Abdin.

YI memang harus berpikir keras untuk kesinambungan YSR. Tengoklah animo peserta yang grafiknya naik saban seri sampai 35%. Seri 3 ini ada 243 starter. Dari 3 kelas yang dilombakan yakni Yamaha R15, R25 dan R6, animo tertinggi di Yamaha R25. “Kelas ini  jumlah pesertanya  165. Itu total dari rider profesional, komunitas A dan B. Bukti, bahwa kelas ini memang menjanjikan di masa mendatang, karena yang prof  dan komunitas bertambah,” timpal Supriyanto.  

“Tempat yang aman untuk eksplorasi power R25 yang sesungguhnya ada di SIC. Wadah YSR ini sudah sangat tepat, selain ajang silaturahmi juga salurkan adrenalin,” tegas Teguh Arifianto, direktur tim balap Magenk Ravens United Racing Team (Jakarta).  

Dalam pantauan Abdin San, animo komunitas yang tinggi tadi juga diimbangi dengan pembelajaran. Mereja sadar keselamatan balap yang meningkat macam penggunaan wearpack dan piranti lain seperti wireloc.Juga air radiator tidak boleh memakai coolant tetapi harus menggunakan air mineral dengan tuju ansaat crash, tumpahannya tidak membuat licin aspal sirkuit. “Dari sisi performa permbalap dan motor, catatan waktu komunitas meningkat. Bersyukur juga diimbangi dengan memahami arti penting safety,” yakin Abdin San yang memang tampak antusias mendatangi paddock-paddock komintas.  

Persaingan performa pacuan antar komunitas pun memang tak bisa dihindari. Beberapa komunitas pun memang lebih berani upgrade power. Pun begitu, tetap dalam bingkai fun and brotherhood! Di sisi lain, komunitas mulai piawai menggaet sponsor untuk sport kegiatan balap mereka.”Kami mendapat sponsor dari Shell dan knalpot CLD,” ujar Teguh seraya sebut  klub mereka  kerap kongkow di Tebet, Jakarta Selatan ini. Hal serupa juga dilakukan oleh komunitas Grabe yang disupport salah satu produk minuman energy. So, “Kalau bisa, tambah lagi jumlah serinya. Kalo pun di luar Sentul kami siap, selama sirkuitnya amanm” harap Teguh mewakili harapan komunitas lain. Gimana tuh? Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race Cup (Seri 3) Sentul, Bogor, Jabar 31 Oktober – 1 November 2015

Yamaha Sunday Race (YSR) seri 3 Sentul; Kualifikasi (YZF R15) Sub-Frame Custom SND, Pangkas 3 Detik!

Yamaha Sunday Race Cup 2015 Sentul: Wuihhh… Senangnya Para Komunitas

Yamaha Sunday Race Cup Series 2015: Internasional Dan Ramai, Sudah Terdaftar 347 Peserta

Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015: Seri 3 Sifatnya Internasional

 

 

BAGIKAN