nhk

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Sei 1): Perang Elektronik, Regulasi Kejurnas

ManiakMotor-  Tak sabar menanti ronde perdana Yamaha Sunday Race (YSR). Begitu  Willy Hammer dan Syahrul Amin, duet pembalap Yamaha Bahtera Racing (YBR) di event berlangsung di Sentul International Circuit (SIC) Bogor, Jabar (19-20) ini. Mereka tak sabar karena punya gacoan elektronik aRacer, hehe. Maklum zaman sekarang perang elektronik bro.

Kabar itu langsung dikonfirmasi Novi Endaryono, bos YBR. “Udah well prepare 80%  dengan mengolah ECU terbaru. Tinggal berangkat,” ujar Om Novi-sapaan akrab pria humoris itu.  Willy dan Amin ikut dua kelas professional rider yakni Yamaha R15 dan Yamaha R25. Kedua berhadap-hadapan dengan Hendriansyah, Irwan Adriansyah, Galang Hendra Pratama, Imanuel Pratna, Sigit PD, Richard Taroreh dan sebagainya.

Menarik ditunggu, mampukah duet kakak adik Hendriansyah-Irwan Adriansyah memberi ‘tamparan’ pada rider muda potensial macam Willy dan Syahrul? YSR musim lalu, Hendriansyah hampir juara umum di R15, “Hanya runner up,  terpaut 19 point dengan Balank.  Kini, persiapan sudah 100%,” kata Hendriansyah saat dihubungi.

Sementara Irwan yang pemegang juara R25 tahun lalu, punya strategi berbeda tahun ini. Alasannya, karena hanya tiga seri YSR, “Seri perdana jadi kuncian untuk seri berikutnya,” timpal Irwan.  Pastinya, satu unit Yamaha MT 25 dan Yamaha Xabre 150 siap menanti bagi juara umum di dua kelas tadi.

Dibanding tahun sebelumnya, regulasi rider pro ada perubahan. Utamanya kapasitas mesin yang disamakan dengan ARRC. Bila tahun lalu 280 cc, sekarang jadi 250 cc dan dari 180 cc jadi 150 cc. “Ini adalah bagian dari penyesuaian dengan regulasi kejurnas. Disamping itu agar step up dari teman-teman komunitas bisa lebih mudah. Kalo dari 250 cc ke 280 cc, gapnya terlalu tinggi dan penyesuaian lebih lama,” terang Supriyanto, Manager Motosport YIMM.

Tak kalah sengit, kategori komunitas pun begitu. Dilaporkan Richard PG dari divisi Motosport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), hingga Selasa (15/3) tercatat ada 100-an starter di komunitas rider. Angka itu dipastikan terus bergerak, lantaran pendaftaran memang masih terus dibuka.

Bahkan kali ini ada kategori komunitas pro. Ini adalah komunitas atau speed shoop yang ridernya tidak aktif dikejurnas. Jadi, untuk komunitas A dan B tidak lagi dari speed shoop, tapi murni komutas. “Untuk spek motor komunitas A dan komunitas pro sama” jelas Richard pada speed shop yang dimaksud kalangan pebengkel yang doyan modif mesin. So, 1ST Round   Revs Your Engine !!! Feel The Power !!!  Ardel

BACA JUGA

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul: Bangganya Komunitas Lewat Desain Nomor Start

Jelang Yamaha Sunday Race 2016; Terjangan Imanuel Pratna

Workshop Ajak Peserta Yamaha Sunday Race 2016 Prepare Motor

Yamaha Sunday Race (YSR) R25 Comm A; Juaranya Syarif 48 Tahun, Tua-Tua Keladi

Yamaha Sunday Race (YSR) 2015 Final sentul; Jadi Acuan Untuk Tahun Depan!

 

 

BAGIKAN