nhk

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul Seri 3: Final YZF-R25, Hammer Juara Dengan Cartridge Kit Ohlins

ManiakMotor – Setting suspensi depan Ohlins antarkan Wilman Hammar  podium pertama YZF-R25 (pro rider). Suspensi canggih itu memang jadi bagian cerita dari setup R25 korekan Widya ‘Gendut’ Krida Laksana. Pastinya, di luar ECU aRacer yang sudah paten pada R25 Hammar.

Ohlins versi cartridge kit khusus untuk R25 itu, mengisi tabung sokbreker teleskopik depan. Ini alat untuk manajemen sirkulasi ohli dan udara sokbreker. Tulisan lengkapnya, boleh cek lagi di http://maniakmotor.com/index.php/tips-s/10130-suspensi-depan-ohlins-bikin-juara-yamaha-r25-di-arrc-ampuh-untuk-sokbreker-teleskopik.   Jelasnya, hasil tadi  sekaligus antarkan Willy kokoh di klasemen akhir alias juara umum (70 point). Joki yang akrab disapa Willy Hammer itu jadi penyelamat ‘muka’ tim Yamaha Yamalube NHK SSS Nissin NGK Bahtera yang dikomandoi Novi Endaryono itu.

Sebenaranya ada kans double winner dari Bahtera. Tapi di final YZF R15, Syahrul Amin,yang punya peluang gagal finish. Makanya, briefing tim sesaat sebelum race R25 jadi motivasi dan arahan. “Willy hanya butuh finish ke-4, set up mesin lebih pada daya tahan (durability). Itu jadi alasan kenapa perbandingan kompresi diturunkan 12:1,” bilang Widya Krida Laksana, chief mechanic tim asal Tulungagung, Jatim.

Untuk mengimbangi suspense ECU aRacer disetting dengan flow rate (double injector) 250 cc/menit. Tapi sebelumnya TB (Throttle Body) standart direamer 33,8 mm. Selain itu, porting head juga diubah dengan flow (CFM) yang lebih besar. Alhasil, tak hanya tahan pada pertarungan yang ketat (10 lap) tapi juga nyaman dengan tenaga 46 dk.    

Final YZF R25 (pro rider) sebagai kelas pamungkas di Yamaha Sunday Race (YSR) seri 3 di Sentul Besar pada 29 Mei 2016 lalu. Pertarungannya ketat dari awal lap hingga bendera finish dikibarkan. Terlebih di lap akhir dengan tergelincirnya Janoer Ardhetrio S (Sidraf BAF Akaijaya Feat MBKW2). Deden Jr – sapaan akrabnya – mengalami high side di tikungan ke-8 (S besar).

Pembalap asal Palu, Sulteng tengah memimpin dengan R25 korekan Haris Shakti ‘Mlethiz’ Wibowo. Seperti yang pernah diungkap oleh Hendriansyah, tikungan itu memang jadi tiktik penting untuk bisa podium. Benar saja, tiga pembalap yang naik podium terbaca dari sana. Adalah Willy Hammer, Imanuel Pratna (Yamaha Tunggal Jaya) dan Sigit PD (Yonk Jaya Racing) tiga rider peraih podium, salah satu kelas bergengsi di YSR.  Khusus bagi Imanuel dan Sigit PD ini adalah podium penuh suka cita. “Akhirnya podium juga, lama menanti. Performa motor juga lagi prima,” kompak keduanya. 

Soal itu sudah terlihat di sesi kualifikasi seperti R25 El-sapaan akrab Imnuel-lebih mantap dengan aplikasi airscoop. Overall, hanya Willy  yang berhak membawa pulang satu unit Yamaha MT-25 sebagai hadiah utama juara umum. Congratz, bro! Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race (Seri 3) Sentul, Jabar, 28 – 29 Mei 2016

Yamaha Sunday Race 2016 (YSR) Seri 2: Catatan Waktunya R25 Pro Pecah-Pecah Sentul Besar

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 3), Metal Spesial, Tampil Final!

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 3), Kualifikasi R15, Wahyu Aji Tercepat, Korekan HDS

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 3): Juara 150 Dan 250, Bisa Ke Satu Tim

 

BAGIKAN