nhk

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Seri 3: Komunitas Mulai Pada Pintar Tuh

ManiakMotor – Edukasi dan safety ditanamkan di Yamaha Sunday Race (YSR).  Pembalap harus bertanggung jawab untuk tidak menimbulkan bahaya bagi diri sendiri dan pembalap lain. Penting, utamanya rider komunitas yang memang kaum hobi.

Pemahaman (baca: mainset) tersebut, ndak bisa instan tapi lewat proses. Alhasil, “Balap itu ada tata cara dan etika, bukan asal tancap gas. Regulasi yang diterapkan juga mengarah pada safety dan fair play,” ujar Wisnu Aji Wiradyo, salah satu peserta di sport 250 cc (Comm B) yang mengaku rada ribet untuk memahmi awalnya.  

Ambil contoh soal under cowling yang wajib pakai. Awal-awal seri sempat ada yang tidak pakai alias menolaknya. “Setelah ada penjelasan tentang manfaat komponen tersebut, bisa dipahami,” ujar Disep, dari divisi motosport Yamaha Indonesia.  Juga soal pentingnya wire lock dan penggunaan air mineral sebagai coolont. Safety!

Untuk itu pula Yamaha Riding Analyzer (YRAN) selalu dihadirkan di gelaran YSR. Seperti di seri pamungkas (28-29/6) kemarin, “Diikuti oleh peserta yang memang baru pernah ikut atau mungkin yang ingin lebih memperdalamnya lagi. Tujuannya melakukan edukasi dan meningkatkan kemampuan riding pengendara di sirkuit dengan R25,” ujar Supriyanto, Manager Motosport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Spesial seri ini menghadirkan Galang Hendra Pratama, rider Yamaha Racing Indonesia (YRI). “Selain teknik seperti penggunaan rem, sudut  kemiringan motor, penggunaan throttle dan pemindahan gigi. Juga ada point penting lain macam patuhi regulasi sirkuit yakni line, flag signal, kelengkapan riding gear dan jaga jarak aman dengan pembalap depan,” jelas Galang ang minggu ini bersiap ke seri 3 ARRC Suzuka Jepang. 

Singkat kata, program ini bagian dari kepedulian Yamaha Indonesia pada komunitas. “Komunitas itu aset. YSR coba memberikan apresiasi bagi komunitas yang hobi mengulik adrenalin. Dalam prosesnya ada improve termasuk soal regulasi,” yakin M. Abidin, GM Motosport and After Sales YIMM yang memastikan YSR kembali hadir dengan jumlah seri lebih banyak dari tahun ini. Oke sip! Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race (Seri 3) Sentul, Jabar, 28 – 29 Mei 2016

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul Seri 3: Final YZF-R25, Hammer Juara Dengan Cartridge Kit Ohlins

Yamaha Sunday Race 2016 (YSR) Seri 2: Catatan Waktunya R25 Pro Pecah-Pecah Sentul Besar

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 3), Metal Spesial, Tampil Final!

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 3), Kualifikasi R15, Wahyu Aji Tercepat, Korekan HDS

 

BAGIKAN