nhk

Yamaha Sunday Race (YSR) 2017 Sentul: Race R25 Pro, Sensasi YZFR25 43,7 HP, Gir Set SSS

Taroreh Kaboci 2017

ManiakMotor-Tak kuasa menahan haru, Achos Lalang dan Subhan Al Ghazali meneteskan air mata. Achos yang mekanik dan Subhan  pemilik tim ‘dipaksa’ menangis setelah Richard Taroreh mampu finish pertama dengan gap yang sangat jauh di race R25 rider pro. Ini adalah podium pertama Richard di kelas sport 250 cc. Achos beberapa seri sebelumnya memang punya spesialisasi di sport 150 cc, tapi dengan hasil ini Achos bisa jadi ancaman serius di sport 250 cc.

Podium 250 Prof

Hasil itu sekaligus membuktikan omongan Achos bahwa di Yamaha Sunday Race (YSR) seri 3 kali ini, optimis bisa podium. “Hasil dyno ada kenaikan signifikan dari sebelumnya mentok di 40 HP-an, saat ini naik jadi 43,7 HP. Meski bukan jaminan, tapi dengan evaluasi setting sebelumnya, kami yakin bisa podium,”bilang Achos yang mantan murid si Ahon atau Herman Loh yang fenomenal di musim ini.

Portal ini sebelumnya sudah mengendus progress signifikan itu lewat Leon Chandra, punggawa Racetech,” kami memang banyak dapat masukan dari Koh Leon. Utamnya adalah mapping dan ketelitian pada porting untuk meningkatkan nilai efisiensi,”aku Achos yang mengibarkan bendera tim Yamaha Yamalube Jasti Putra Usaha Jaya NHK FDR SSS 549 Kaboci.

Diakui oleh Achos salah satu part pendongkrak power itu adalah knalpot Proliner. Tentu juga dengan sponsor lain yang terlibat di tim tersebut. Misalnya gir dan rantai, jangan pandang enteng dengan komponen ini. Tim ini pakai gir set SSS. “Tenaga fokus pada putaran atas. Itu yang terasa beda dengan sebelumnya,”komentar Richard yang di IRS seri 3 lalu udah menunjukan progress dengan finish ke-5.

Proliner pula yang dipakai Rey Ratukore sebagai pemuncak klasemen di YSR dan mampu imbangi perlawanan CBR250RR di IRS. Sayang, kali ini YZFR25 Rey alami masalah sejak awal-awal lap, “Kabel koil putus,” singkat Rey.  “Cuma optimalisasi seputar kompresi dan dial camshaft. Coba kasih inputan dari mesin spek Rey,” bebr Leon.

Anggi Setyawan yang membela tim Yamaha Akai WR Super Battery TJM Racetech pun sukses naik podium kali pertama di kelas sport 250 cc, “Di kelas ini minim pengalaman, tapi dengan performa motor yang optimal, coba terus tempel barisan depan,” ujar Anggi yang musim ini fokus di UB 150 cc ARRC. Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race Seri 3 Sentul 16 – 17 September 2017

BAGIKAN