nhk

Yamaha Sunday Race (YSR):  Adi Tom, Polisi Doyan Balap Membawa Misi, Say No To Balap Liar!

Adi Tom, YSR, Sentul

ManiakMotor – Bicara Yamaha Sunday Race (YSR) bukan sekedar pertarungan di kelas Pro 150 cc dan 250 cc. Kelas komunitas juga tak kalah menarik yang antusiasnya terus meningkat disetiap seri. Salah satu di antara rider komunitas I Putu Adi Kartika Putra siap berlaga di seri 4 di sirkuit Sentul, Bogor, akhir pekan ini (4-5/11).

Rider yang tampil bersama tim R25 Bali ini boleh dibilang ‘spesial’. Karena, pria yang akrab disapa Adi Tom itu tercatat sebagai anggota kepolisian di Kesatuan Dit Pol Air Polda Bali dengan pangkat Bharatu. Seri sebelumnya, doi sukses naik podium kedua di kelas 250 cc Com B Exhibition.

Adi bercerita awal suka balap dimulai dari balap liar sewaktu di SMP sampai kuliah. Kemudian berhenti lantaran ada teman yang meninggal dan cacat permanen. Pernah ditangkap polisi, dari situ pengin jadi polisi. “Ada misi untuk mengedukasi dari balap liar ke yang resmi. Mudah-mudahan ada dukungan dari isntansinya,” harap Adi yang tampil di YSR didukung tempatnya bekerja (Polda Bali).

Ikut balap ini, bagi Adi bagaimana bisa menyalurkan hobi. Kalaupun ada konsekuensi seperti biaya untuk akomodasi dan transportasi, sudah sewajarnya. Adi serius mengikuti balap, dirinya punya lahan khusus untuk latihan di Pelabuhan Benoa, Bali.

Untuk kelas R25 Com ada empat kategori (Com A, B, Consulation dan Exhibition). “Secara umum pengklasifikasiannya berdasarkan catatan prestasi tahun lalu dan tidak tercatat sebagai pembalap aktif di regional dan nasional. Khusus com B exhibition adalah rider yang gagal masuk grid comm B dari hasil kualifikasi. Jadi mereka tetap diberikan kesempatan untuk balap dan ada podium juara,” jelas Robby Winaldi dari Motorsport PT. YIMM. Ardel

BAGIKAN