nhk

Yamaha Sunday Race (YSR) Sentul (seri 1): Komunitas = Hobi, Justru Itu Yang Bikin Ramai Balap

ManiakMotor – Komunitan penunggan R-Series makin lihai di sirkuit Sentul. Bayangkan untukYamaha R15 mereka bisa berlari 2 menit 2 detik. Sedang Yamaha R25 urutan pertama sampai 10 bermain 1 menit 56-59 detik. Bukan main itu, peningkatannya. “Memang tujuannya memberikan sensasi buat mereka di sirkuit Sentul,” terang M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports YIMM.

Kemarin seri pertama Yamaha Sunday Race (YSR) 19 – 20 Maret 2016 yang sudah pasti di Sentul Besar,  dari 207 starter, ada 153 dari komunitas. Berarti sekitar 74% dari kalangan pehobi yang terbagi komunitas A, B dan komunitas pro. Mereka ikuti kelas R15 (kom A + B), R25 (kom A), R25 (kom B), R25 (kom pro) dan superstock s/d 100 cc. Khusus komunitas pro (R15) dan superstock s/d 1000 cc adalah kelas baru yang diisi anak-anak bengkel korek.  

Garapan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini menampung pehobi dan profesional. Mereka tahu, justru yang bikin ramai para pehobi itu. Bila nanti muncul bibit, memang itu alami dari adanya kompetisi. “Optimis pesertanya bisa terus bertambah pada seri-sari berikutnya. Seri pertama ini masih adaptasi dengan regulasi,” tambah Abidin semberi bilang konsep YSR adalah ‘Komunitas Plus, plusnya itu pertarungan sengit professional rider dengan sengitnya mengolah  injeksi pada R15 dan R25. 

Diungkapkan oleh Ramadona Aulia Haq, peserta dari YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia). Baginya, ini kesempatan yang tak boleh dilewatkan. Selain bangga dan paling tidak bisa selvi untuk dipajang di sosmed, hehe. Balapannya juga fun dan punya unsur edukasi. “Contoh tahun lalu best time saya masih 2 menit 07 detik, saat ini sudah pangkas hingga jadi 2 menit 02 detik. Ilmu tentang bagaimana racing line yang tepat, buka tutup gas bisa signifikan pada catatan waktu,” ujar pembalap yang naik podium kedua di R25 kom B eksibhisi itu. 

Penting lagi baginya, tahun ini penataan event lebih rapi dengan berbagai inovasi. Misalnya desain nomor start sendiri juga pemeriksaan kesehatan bagi semua rider.  Olah kreasi ‘tim kreatif’ Yamaha, dengan tetap memperhatikan apresiasi peserta memberi kans menambah starter di seri berikutnya. “Kita ambil bagian 78 starter, tahun lalu saat final YSR 2015, kita ikut 54 starter. Paling banyak tampil di kelas Community B (Sport 250 cc). Saya yakin, ke depan akan lebih banyak lagi karena banyak yang masih mempersiapkan diri, “ timpal Murray, Ketua Umum YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia).  

Sekali lagi, “Event ini memang mengarahkan dan memanjakan komunitas. Upaya konsolidasi dan sosialisasi dengan berbagai inovasi terus ditingkatkan. Bahkan, lagi diupayakan ada OMR R25 di IRS yang diikuti komunitas hasil seleksi di YSR,” imbuh Supriyanto, Manager Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Asyik tuh! Makin semarak dengan berbagai aktivitas di luar balap macam fun gymkhana yang juga diikuti komunitas dan konsumen.  Stand-stand produk sponsor pun memikat dengan produk unggulan dan hadiah menarik. Juga nyonya cantik SPG yang pasti aduhai. Bagaimana kemeriahannya? Coba lihat foto-fotonya deh! Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race (R Cup Series) Sentul, Jabar 19 – 20 Maret 2016

Yamaha Sunday Race (YSR) Sentul (seri 1), R15 Rider Pro, ECU aRacer vs BRT Juken 3

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Seri 1: 1.000 Raja Motor Sport Melintasi Sentul

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul (Seri 1): R25 Mainkan Porting Dan Durasi Noken As, Hamer Juara

Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 Sentul: Kualifikasi R25 Pro, Masih Utak-Atik Elektronik 

 

 

 

BAGIKAN