nhk

Yamaha Sunday Race (YSR) Sentul Seri-3: Jumlah Peserta Meningkat, Komunitas Kelas Favorit

ManiakMotor – SENTUL- Ukuran sukses pelaksanaan Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015 adanya pada peserta. Di Seri 3 yang digelar di Sentul International Circuit pada 31 Oktober – 1 November 2015, total tercatat 243 peserta. Terjadi peningkatan signifikan dari seri kedua yang hanya 200 peserta.

Kelas komunitas (community) paling favorit, bertambah datang dari berbagai daerah. Total ada 102 peserta pada seri ini di banding seri kedua yang 72 peserta. Yang hadir adalah komunitas Yamaha Revs CBU (YRCI), Yamaha R25 Owner Indonesia (YROI), Ravens United, R25 Onwer Community on Kaskus (Rock), Yamaha R25 Riders Club Indonesia (YARRCI), Grabe, R15 club, YR15CI, R15ER.

Saking membludak, kmunitas dibagi kelas A dan B. “Luar biasa antusiasme yang ditunjukkan komunitas, setiap seri para peserta terus bertambah. Ini bukti kekompakan Yamaha dan komunitas,” ujar Supriyanto selaku Manager Motor Sport PT.Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Diduga komunitas berkembang dengan terkait penyebaran knowledge atau edukasi dari Yamaha. Mulai topik safety-gear, edukasi riding-skill (Yamaha Riding Analyzer) dan development motor balap. Hasilnya banyak manfaat yang didapat oleh pihak komunitas yang ikut dalam ajang ini.

Lihat hasil fantastis Andika Wijaya Gani punggawa YROI yang pakai R25. Pria yang mengaku tertarik R25 karena performancenya ini, menjelaskan. “Sudah tiga seri saya ikuti dan setiap seri saya dapat improve riding skill. Seri 1 saya crash, seri 2 saya berada di posisi 5. Seri 3 ini saya podium. Improve yang saya dapat mulai dari cara breaking dan cornering yang benar di sirkuit,” ungkapnya.

Komentar positif pun dilontarkan oleh komunitas perihal penyelenggaraan Sunday Race. Mereka berharap 2016 nanti, Sunday Race tetap diadakan dan jumlah seri diperbanyak. ”Tahun depan serinya harus ditambah. Event ini  wadah komunitas untuk menyalurkan hobby dan mendapatkan edukasi riding skill,” ujar Murray, Ketua Umum YROI.

Harapan sedikit berbeda diberikan oleh Reza Aziz yang bernaung di klub YARRCI. ”Selain jumlah seri yang ditambah, mungkin bisa juga ditambahkan acara hiburan pendukung khususnya bagi teman komunitas yang membawa anak-anaknya,” tuturnya, karena Yamaha Sunday Race bukan hanya milik kaum pria yang ingin menguji adrenalin dan mendapatkan pembelajaran mengenai balap. Event ini pun sudah menjelma menjadi event keluarga.

Sukses event Sunday Race juga dirasakan rider Filipina yang ambil bagian. Para pebalap Filipina mendapatkan pengalaman tanding dengan para joki profesional Indonesia, yang kini skillnya terus meningkat. Selain itu mereka juga dapat belajar bagaimana setting motor balap injeksi.

”Indonesia di kelas profesional, ternyata memiliki skill balap yang tinggi dan kita masih kesulitan untuk meladeninya. Bagi kita event ini juga sangat bermanfaat, karena belajar untuk bisa seting injeksi, dan ada juga Yamaha Riding Analyzer yang bisa memberikan informasi bagaimana saat di lintasan,” papar Arlan Reves Dela Cruz, salah satu dari 9 pembalap professional Filipina yang turun di Seri 3 Yamaha Sunday Race.

Berbeda dengan kelas komunitas, pada rider profesional yang ikut ambil bagian lebih fokus dalam riset dan pengembangan motor balap R25. Mulai dari mesin, suspensi dan menambah jam terbang mereka. ”Performa motor meningat dan riding skill bertambah. Terbukti dari catatan waktu terus terkoreksi. Tadinya bermain di 1.52 detik saat ini menjadi 1.45 detik,” beber Rusman Fadhil, pebalap asal Papua yang tergabung di tim Yamaha TJM. Rilis Yamaha

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race Cup (Seri 3) Sentul, Bogor, Jabar 31 Oktober – 1 November 2015

 Yamaha Sunday Race (YSR) 2015 Seri 3 Sentul; Juara YZF-R25 Pro Disabet AR1, Masih Piggyback

Yamaha Sunday Race (YSR) 2015 Sentul: Pro Speed Puas Dengan Kelas Sportnya

Yamaha Sunday Race (YSR) 2015 Seri 3 Sentul: R15 Pro Juaranya Juken 3, ECU Lokal

Yamaha Sunday Race (YSR) 2015 Seri 3 Sentul: Animo Komunitas Meningkat, Ketat, Makin Taat!

 

BAGIKAN