nhk

Yamaha Sunday Race (YSR) seri 3 Sentul; Kualifikasi (YZF R15) Sub-Frame Custom SND, Pangkas 3 Detik!

 

ManiakMotor – Kreatif dan inovatif! Itulah yang dimaksud riset dari Yamaha Indonesia soal One Make Race (OMR) mereka. Termasuk di Yamaha Sunday Race (YSR) seri 3 (30/10-1/11), khususnya di kelas Yamaha R15 Pro Riders.

Tiba-tiba saja motor R15 di paddock  Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Jabar, ramai digeregaji pada sub frame-nya saat menghadapi kulifikasi. Sub frame itu adalah rangka dudukan jok dan pegangan cover bodi belakang. “Beban sub frame standar ini berat. Bila diganti custom berkurang 6 kg. Ini bisa memangkas 3 detik di Sentul Besar,” jelas Hawadis, tunner dari Yamaha TJM.

Namanya mekanik balapan, memangkas sub frame hanya berlangsung tak kurang 5 menit. Tinggal disisasakan dua selongsong pipa dari rangka utama (lihat foto). Ah ternyata pipa ini sudah menunggu sub frame custom yang tinggal ditancapkan di situ. “Memang sudah dirancang plag andn play. Bahannya dari pipa aluminium,” jelas Sandy Agung yang punya SND dari Bandung, Jabar yang otomatis memproduksi sub frame custom itu.    

Di aturan YSR yang khusus mempertandingkan kelas psort dan spesial buat produk Yamaha R-Series ini, kelas R15 minimum berat motor 95 Kg. Kalau dikurangi 6 kg jadinya tinggal 89 kg.  Sangat lumayan untuk urusan kecepatan di sirkuit sekaligus distribusi bobotnya. Perpindahan bobot saat pengereman berkurang. Beban ke depan lebih minim, ya gampang bermanuver bro.

Dalam pantauan, ‘trik’ ini juga diikuti nyaris semua tim. Asyiknya, cara simpel itu langsung memberikan progress signifikan pada catatan waktu (kualifikasi) yakni 1 menit 50 detik. Padahal di dua seri sebelumnya best time R15 Pro masih bermain di 1 menit 53 detik.

“Inilah yang bikin menarik, mekanik terus bereksperimen dari pengalaman seri sebelumnya. Bobot motor salah satunya, selain piranti lain macam perangkat injeksi atau suspensi. Awal seri sudah lebih hidup dengan bore-up 280 cc, kali ini soal rangka custom,” nilai Hendriansyah, rider senior yang tercepat di sesi kualifikasi yang diikuti oleh 31 starter.

Hendri yang diumur 35 tahun tapi masih punya fisik prima, dikuntit oleh Febrianus Balank dan Richard Taroreh (Yonk Jaya Racing). Ketiganya sukses bermain di 1 menit 50 detik-an. “Lain waktu untuk R25,. YSR memberikan tantangan untuk selalu melihat peluang pasar after market termasuk komponen kompetisi. Apalagi ini kelas khusus sport yang memang mainan baru, agar bisnis balap juga jalan sampai merambah harian,” jelas Supriyanto, manager motorsport Yamaha Indonesia.

Maksud dia, balap adalah laboratorium untuk harian, terukur di balap boleh saja diterapkan pada harian. Dengan cara sederhana tadi, sub frame SND itu mudah pula dipakai untuk umum. Hasilnya pasti R15 harian akan lebih ringan dan pasti lebih laju plus irit bensin. Silakan beli, harganya cuma  Rp 1,5 juta. Wah… Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race Cup (Seri 3) Sentul, Bogor, Jabar 31 Oktober – 1 November 2015

Yamaha Sunday Race Cup Series 2015: Internasional Dan Ramai, Sudah Terdaftar 347 Peserta

Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015: Seri 3 Sifatnya Internasional

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Cirebon: Z1 Lawan Z1, Pemenangnya Elektroniknya

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Cirebon: Aldhila Vs Amin, Duel 5TP Heru KT Vs Gendut GDT!

BAGIKAN