nhk

Yamaha Tahan Banjir & Irit; Resepnya Environment Survey



ManiakMotor – Motor bandel. Kira-kira seperti itu yang disampaikan rilis Yamaha Indonesia. Terdeteksi lewat Yamaha Environment Survey (YES). YES mensurvei aspek yang menyangkut kondisi perilaku pengendara, jalanan macet dan jalanan rusak. Termasuk di dalamnya fenomena banjir yang langganan di Indonesia. Juga kualitas bahan bakar di rural area.

Tim riset Yamaha menggunakan “Customer Behavior Survey”, umumnya kecepatan di range 20 s/d 60 km/jam. YMJET-FI adalah solusi terkini berkendara di jalan macet. Injeksi ini campuran bahan bakar dan udara jadi homogen yang hasilnya irit. Di Yamaha ada istilah  KENCRIT alias kencang tapi irit. 

Soal ketahanan mesin, dijamin garansi 5 tahun. Silakan direndam di banjir, hehe. Sebab ada yang namanya teknologi diAsil Cylinder dan Forged Piston terkenal sangat alot. Dalam jarak  50.000 km kondisinya masih seperti baru. Ini tidak dimiliki kompetitor.

Ada fitur-fitur di Yamaha yang membuatnya tahan banjir;Air Intake System,  ini menyangkut konstruksi saluran udara masuk menuju mesin dan CVT yang letaknya tinggi. Kotoran dan cipratan air jauh dari corong ini. Air Filter (filter udara) yang tipenya  basah yang dirancang khusus sanggup menyaring debu dengan ukuran terkecil bahkan abu vulkanik gunung berapi yang halus. Wet Filter jangka penggantiannya hingga 16.000 km dan bebas perawatan, sehingga mesin Yamaha lebih awet.

Muffler Construction, konstruksi lubang muffler (knalpot) dengan posisi lebih tinggi. Kolo hanya genangan ringan sih, nggak ngaruh. Dilengkapi lubang pembuangan air (water drain) yang mencegah air tergenang di dalam muffler. Saat melewati genangan, andai air masuk ke tabung knalpot, air akan terbuang sendirinya usai melewati genangan, makanya ogah karatan.

Couplers & Cap, menggunakan water proof coupler & cap untuk komponen kelistrikan (ECU, spark plug, MAQS) lebih aman dari korsleting. Ini semacam silikon membuat air tidak menerobos ke kabel-kabel dan perangkatnya.

Battery (Accu), posisi aki  letaknya tinggi di bawah jok (double seat) dan menggunakan MF Battery (bebas perawatan). Tidak mudah terendam air saat banjir yang dapat menyebabkan hubungan pendek (korsleting).

FI Ready , membuat motor Yamaha Tahan “Mudah Murah Perawatannya”.  Yamaha FI Ready bukti layanan purna jual Yamaha. Di dalam FI Ready ini, waktu pengapian yang menyesuaikan dengan oktan bahan bakar, sehingga pembakaran tetap ideal. Kendati kualitas bahan bakar yang buruk. Motor tetap kencang dan irit.

Yamaha FI Ready juga memberikan jaminan 15.000 teknisi & 3000 bengkel resmi yang sudah teredukasi dan ahli dalam teknology FI. Di kompetisi balap Indoprix 2013, Jupiter Z1 jadi double winner di 110 cc dan 125 cc dengan rider Sigit PD dari Team Yonk Jaya. MM


 

 

BAGIKAN