nhk

Yamaha TTX Atau X-Ride 2013, Matik SuperMoto, Kepergok Lagi Ditest

 

ManiakMotor – Matik untuk aspal dan off-road itu luar biasa. Seperti Yamaha matik yang kepergok portal ini sedang diuji jalan di kawasan Jawa Barat. Tepatnya di jalur tengah dari Jakarta menuju Bandung. Jalur ini memang dikenal untuk menguji motor-motor baru keluaran produsen di Indonesia. Sekalian saja dijepret. Tapi maaf, hanya pakai bb, kualitasnya burem.

Layak saja Yamaha sebagai pelopor penjual matik di Indonesia, menjualnya. Mereka butuh penyanggah semua jenis matik, agar kue jualan tetap berputar pada garputala. Cuma kali ini bikin kaget dengan model matik dual purfoce yang asyik berlari di aspal dan monggo digeber di medan off-road. Di Thailand motor ini disebut Yamaha TTX untuk adventure. Otomatis ground clereance atau jarak terendah dari tanah  dibikin tinggi untuk ukuran lajim matik saat ini.

Tapi yang dipergoki Selasa 5 Maret 2013 pakai ban aspal yang suspensinya sudah pada tinggi. Sepakbor pun jadinya kelihatan jauh dari ban yang rodanya tetap menggunakan lingkar 14 inci. Jadi sebut saja matik supermoto.  Membaca spek mesin  TTX yang beredar di Thailand, engine 115 cc atau sama dengan mesin Mio.  TTX ini juga dikawal sepertinya Yamaha Vega ZR berpelat putih. Bisa jadi itu Vega ZR yang versi YM JET-Fi, nantinya.

Membaca undangan yang dilayangkan Yamaha ke Lido, Sukabumi, Jawa Barat akan ada dua versi. Yakni supermoto dan garuk tanah benaran yang menggunakan ban tahu campur tempe. Ah, yang benar tahu doang alias ban pacul. Karena trek di Lido hanya ada untuk garuk tanah, bukan supermoto.  “Tunggu saja, peluncurannya akan berbeda, karena kita akan main kotor-kotoran,” ujar Eko Prabowo, Manager Marketing YIMM saat peluncuran Yamaha Mio GT bulan Februari 2013.

Tul kan.  Adit

BERITA TERKAIT

Yamaha All New Scorpio Z 2013 YM-Jet- Fi (Injeksi), Apakah Berikutnya?

Honda Spacy 2013 Tetap PGM-FI, Helm In Dan Biru Jantan

Honda All New Tiger 2013, Taringnya Kian Dekat

 

BAGIKAN