nhk

Yamaha VR46 Master Camp 2017: Anggi Setiawan Latihan Flat-Track Bareng Murid Rossi

master champ 2017-1a

ManiakMotor – Usai medical-check, joki kiriman Yamaha Indonesia, Anggi Setiawan memasuki tahap awal pelatihan di seputaran Tavullia, Italia,  markas Yamaha VR46 Riders Academy The Master Camp 3.  Rider asal Palu ini menjalani latihan fisik di Fisio-Gym. Fisik ini sebagai pemanasan yang durasinya 25 menit pada Rabu 10 Mei 2017.

Jogging dulu baru latihan motor

Anggi dan ke-5 pembalap VR46 Riders Academy lainnya, diasuh langsung instruktur Carlo Casabianca. Mereka nge-gym bersama muridnya Valentino Rossi yang sering kamu simak di layar kaca saat ada ebent  Moto2 dan Moto3. Di sana ada Luca Marini dan Andre Migno.

Lanjut jogging yang mengitari lintasan 500 meter 5 kali. Kembali lagi ke Fisio-Gym untuk proses pendinginan suhu tubuh dan treadmill 15 menit. “Metode latihan Fisio-Gym ini adalah persiapan sebelum latihan flat-track di Motor Ranch. Dari masing-masing sesi memang sangat penting untuk kesiapan fisik,“ terang Anggi yang tahun ini konsentrasi di balap Asia Road Racing Championship 2017 (ARRC 2017) kategori Underbone 150 cc (UB150).

Berarti di situ perbedaan budaya balap di Italia dan Indonesia. “Setiap latihan motor, Italia memulainya dengan pemanasan pergi ke gym, baru naik motor. Ini yang belum sepenuhnya dilakukan di Indonesia. Padahal sangat penting,” tukas Wahyu Rusmayadi, manajer tim Yamaha Racing Indonesia yang ikut mendampingi Anggi ke sana.

Marco Belli memberi arahan

Usai istirahat dan makan siang, peserta dari berbagai negara langsung menunggang SE Yamaha YZF250 di flat-track. Itu di sirkuit miliknya The Doctor yang sering disebut VR46 Motor Ranch. Mereka mulai geol-geol di arena tanah yang agak berpasir membuat roda belakang selalu bergeser. Keenamnya terus berusaha agar bisa menenangkan motor dalam berakselerasi dan pengereman.

Tidak tanggung-tanggung, pelatihnya adalah Marco Belli yang memang ahlinya flat-track. Ia jawara nasional flat-track Italia sebanyak 4 kali, juga jawara 3 kali flat-track Inggris dan 2 kali juara flat-track Amerika dan Eropa. Termasuk pelatih para pebalap The Master Camp. Sesi flat-track ini berangsung cukup lama sejak pukul 14.30 hingga 17.30.

Pada awalnya, semua diajak untuk memahami sirkuit, juga karakter mesin dan kontrol dalam buka-tutup throttle gas. Demikian berlangsung sebanyak 6 lap dan dikawal langsung Marco Belli. Setelah itu dilakukan evaluasi atas feeling berkendara dari masing-masing rider dan kembali mengitari sirkuit dengan berbagai masukan. “Latihan flat-track ini sangat berguna untuk mengontrol motor terutama ketika terjadi slide. Jadi nanti slide tersebut dapat menguntungkan dalam momen masuk dan keluar tikungan. Sangat berguna juga ketika darurat,” tambah Anggi.

Demikian rilis Yamaha Racing Indonesia.

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353