nhk

Yamaha VR46 Master Camp: Galang Jura Balap Mini Bike, Rossi Soal Mental

ManiakMotor – Sesi penutup Yamaha VR46 Master Camp, peserta diajak lomba dengan minibike. Motor bermesin 2T itu, di dunia sana bagian dari pembibitan menuju balap tingkat dunia. Tepatnya pada 8 Juli di sirkuit  Jeepers Kart & Pit Bike, Cattolicca, Italia.

Acara ini masih lanjutan dari ilmu balap yang diterima Galang Hendra, Imanuel Pratna, Peerapong Loinbonpeng (Thailand), Kasma Daniel (Malaysia) dan Soichiro Minamimoto (Jepang) dari Valentino Rossi cs. Kelimanya adalah peserta Master Camp proyeknya  Rossi bersama Yamaha Motor Racing. Sebelumnya mereka sudah dapat elmu dari dirt track, fisik di gym FISIO-Gym dan di sirkuit Misano menggunakan YZF R3.

Di sikuit gokart ini, pakai minibike yang walau disebut mini tetap saja lebih besar dari minibike yang lagi ramai di Indonesia, hehe. Lihat saja foto. “Mini bike melatih maneuver lincah, karena menggunakan sirkuit gokart yang sempit. Juga mengasah otak terutama dalam kecepatan bertindak saat fight,” ujar Francesco Bagnaia yang jadi instruktur di lapangan dari lima peserta.

Bagnaia adalah mantan pemain Sky Racing VR46, tim milik Valentino Rossi di Moto3. Tapi tahun ini, dia memperkuat ASPAR Mahindra Team Moto3. Saat lomba di Assen dia juaranya. Di klasemen Moto3 dia ke-4. Sampai saat ini Bagnaia adalah murid VR46 Riders Academy alias muridnya Rossi sendiri.

Hari terakhir ini diformat ala balapan benaran. Ada sesi latihan bebas yang dilakukan dua kali yang setiap latihan 30 menit. Sesi kualifikasi 15 menit. Sedang race ada race-1 dan race-2 yang setiap race 10 lap. “Memang dibikin seperti balapan sesungguhnya, sehingga rider punya konsentrasi,tutur Kadek Suma Adnyana Putra dari Motor Sports Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang memimpin Galang dan Imanuel ke sana.

Galang dapat finish terbaik di race pertama yang diikuti Peerapong dan Imanuel Pratna. Sedang race 2, Galang runner-up dan juaranya Kasma Daniel dan ketiga Peerapong. “Saya sangat senang dengan balapan ini. Jadi seperti balap underbone era 2 tak. Sangat baik untuk mengasah skill balap,ucap Galang yang kalau soal urusan balap seperti di sirkuit gokart dia termasuk mahir. Kan sering balapan di Sentul Kecil dengan bebek.

Bagi Rossi soal Yamaha VR46 Master Camp, bahwa angkatan pertama memang di peruntukan untuk Yamaha Asia. Selanjutnya akan memanggil dari benua lain yang ada kerjasamanya dengan Yamaha.  “Golombang awal ini merupakan langkah selanjutnya. Seperti peserta yang pertama ini, mereka bukan saja dilatih soal teknik balap, tapi bagaimana membangun mentalitasnya,” kata Rossi.

Tuh mental yang lebih penting. MM   

BACA JUGA

VR46 Master Camp Pindah Ke Sirkuit Misano, Mentor Rossi & Joki Moto2 Baldasarri

Yamaha VR46 Master Camp; Rossi Ikut Balap Dirt Track Bersama Galang Dan Imanuel, Juara Lombanya Galang

Galang Dan Imanuel Registrasi VR46 FAN CLUB Di Kantor Rossi, Menu Fisik Pilates

Di Motoranch VR46, Galang Dam Imanuel Mulai Digodok Dirt Track Dengan YZ250F

Galang Hendra dan Imanuel Pratna Sudah masuk MotoRanch VR46 dan Misano

BAGIKAN