nhk

Yamaha VR46 Master Camp3 2017: Anggi Setiawan Pakai YZF-R3 di Sirkuit MotoGP Misano Italia

master champ 2017-1 R3-1

 

ManiakMotor – Hari keempat dari Yamaha VR46 Riders Academy The Master Camp 3 diisi berbagai aktifitas. Tentu saja soal pelatihan balap motor dari enam peserta di pedepokan Valentino Rossi. Termasuk andalan tanah air binaan Yamaha Indonesia, Anggi Setiawan.

Anggi bersama Peerapong Boonlert (Thailand), Shota Ite (Jepang), Muhammad Akid bin Aziz (Malaysia), Brandon Demmery (Australia) dan Tomas Casas (Kanada) menggunakan balap motor sport di Sirkuit Misano, Italia. Ini trek  langganan kompetisi MotoGP. “Berkah sekali bisa berada di Sirkuit Misano. Saya makin mengerti gunanya skill riding dari flat-track di Motor Ranch ke aspal,” terang Anggi yang hitam manis itu.

Edukasi dulu sebelum ngegas

Petarung asal Palu, Sulawesi Tengah usia 18 tahun ini sebelumnya mendapat coaching-clinic. Materi ini dibawakan sendiri murid Rossi dari Moto2 dan Moto3. Yakni Lorenzo Baldasari dan Marco Bezzecchi. Keduanya menuntun peserta pada layout lintasan Misano, soal titik pengereman dan penggunaan gigi persneling dari YZF-R3 yang aslinya dari Indonesia.

Ada tiga sesi latihan dengan YZF-R3 dengan durasi tahap awal 30 menit, lanjut 30 menit dan terakhir 10 menit. YZF-R3 sendiri telah dimodikasi ala racing macam footstep dan handle bar pakai knalpot Akrapovic. Bannya Pirelli Supercorsa SC1 depan dan belakang SC2), termasuk ECU pengapian dan Quick Shifter dari Rapid-Bike. Dijamin kencang dari kondisi standar 300 cc ini. Sesi 1 Anggi dapat best-time 1”59,769 yang membuatnya tercepat. Sesi 2 dapat 2”00,104 detik dan sesi ke-3 kedua dengan 2”00,010 detik.

Sebelum berlatih di Misano, memang Anggi dan kelima rekannya diultimatum untuk membawa ilmu mereka dari flat-track. Terutama teknik gerakan tubuh, perasaan terhadap kinerja ban, waktu pengereman dan momen buka-tutup gas. “Memang sangat nyaman hasilnya ketika di trek aspal,” tambah  Anggi yang di Yamaha VR46 Riders Academy The Master Camp3 ini didampingi langsung Wahyu Rusmayadi, manajer tim Yamaha Racing Indonesia (YRI).  Rilis Yamaha

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353