nhk

Yamaha YZF-R1 2014; Putih Biru Abis, Macam M1 2014

ManiakMotor – Meski YZF-R1 nyata-nyata dipakai untuk WSBK (World Superbike), justru livery MotoGP 2014 yang diinjam pada R1 versi jalanan raya. Tak sampai seminggu munculnya ‘baju’ baru pada M1 tunggangan Rossi dan Lorenzo untuk tahun  dilaunching di Jakarta, sudah menyusul moge R1 yang coraknya hampir sama.

Putih biru warna wajib bagi motosport Yamaha, mulai dari MotoGP sampai IndoPrix, tim pabrikan Yamaha harus pakai kelir tersebut. Tentunya versi  R1 jualan ini tidak menjiplak persis. Logo-logo sponsor Rossi dan Lorenzo tidak ada di situ. Maka, jangan harap ada tulisan ‘Semakin Di Depan’.

Hanya ada tulisan ‘Yamaha’ di bagian bawah fairing dan diatasnya stiker ‘CrossPlane’. Artinya bukan pesawat main motocross bro, tapi cross plane arti teknik pada kerja krukas R1 yang memutar empat piston pada empat silinder segaris.

Dengan crossplane masing-masing piston akan meledak diawali sesuai urutan siilinder 270°-180°90°80°Dari silinder nomor 1-2-3-4 saling bergantian meledaknya. Cara kerja ini biasa dipakai pada mobil-mobil dengan konvigurasi V8 yang membuatnya bertenaga dan halus.

Crossplane memang ditonjolkan karena teknologi ini baru Yamaha yang pakai pada motor produksi massal dari hasil pengembangan MotoGP. Teknologi ini masih didukung tujuh tingkat traksi kontrol yang lagi-lagi diadopsi dari MotoGP, lalu disesuaikan dengan jalanan. Pengendara tinggal memilih karakter yang dimau senyaman-nyamannya tarikan motor.

Traksi kontrol yang sepenuhnya dikendalikan ECU, masih didukung YCC-T® (Yamaha Chip Controlled Throttle). Katanya sih teknologi ini juga masih terinspirasi dari MotoGP soal fly-by-wire. Asupan udara dan bahan bakar tak pernah berubah oleh kondisi suhu dan entakan motor lantaran sudah ada sensor pada moncong intake. Kan kalau berubah motor ndut-dutan, bro.  Adit

BACA JUGA

Motor Baru Yamaha; Fino Fi (Injeksi) 2014, Tuh Sudah Dijual

Yamaha Scorpio Discontinue; Bikin Sedih Modifikator

Lotus Bikin Motor Super, Gambarnya Dibocorkan Media

MV Agusta Dragster 800; Belum Dirilis, Gambar Sudah Beredar

 

BAGIKAN