nhk

Yamaha YZF- R15 Komparasi New Vixion, Yang Lama Bisa Ikut

 

 

Maniakmotor – Perbedaan antara YZF-R15 dengan Vixion sudah pernah dibongkar portal, nih baca;  Saat itu sampelnya dari R1 yang dipakai di Yamaha Asean Cup Race di Sentul 2013. Dulu masih pakai ilmu kira-kira, ada yang bener ada juga yang meleset. Nah yang meleset tolong dimaafkan. Sekarang R15 resmi dilaunching di Empirica SCDB Jakarta Rabu 23 April 2014.

Secara garis besar spek mesin sebelas dua belas dengan Vixion. Mulai dari bore x stroke (57 mm x 58,7 mm), rasio kompresi (10,4:1) dengan hasil torsi dan daya lebih tinggi sikit R15 lantaran ada perbaikan.

Perbedaannya yang menonjol, jelas bodi, hehe. Tapi maaf, cerita kali ini soal mesin. Pada gearbox atau transmisi R15  sudah 6 speed. Berbeda dengan Vixion yang 5 speed. Jelas reduksinya lebih rapat R15, halus tarikannya setiap kali pindah gigi.

Menurut M.Abidin dari Service dan Motorsport Yamaha Indonesia, meski jumlah transmisi R15 lebih banyak tapi bisa dipake ke New Vixion. Belum lagi salah satu varian Vixion yang Lightning pakai enam percepatan juga. “Dimensi dan modul gigi rasio R15 lebih tipis, bisa langsung PNP tanpa takut mentok ke dinding crankcase,” jelas Abidin di sela-sela launching.

Beralih ke perangkat injeksi. Untuk ECU keduanya tidak sama dengan Vixion. Hal ini terkait perbedaan jumlah transmisi tadi. Lebih tepatnya dibagian speed sensornya.

“ECU R15 dirancang khusus untuk 6 kecepatan otomatis sensor yang ada pada transmisi beda dengan Vixion yang 5 speed, makanya tidak bisa dipasang di Vixion,“. tambah Abidin.

 Throttle body. ditulisan sebelumnya TB R15 kodenya 1CK sedang Viksi 3C1. “Meski kode part keduanya berbeda tapi ternyata bisa saling tukar. Diameter venturinya juga sama-sama  28 mm, termasuk sensor-sensornya juga sama,” tutup Abidin.

Nah buat pemilik Vixion yang ingin rombak total jadi R15 ikuti terus update beritanya, tunggu deh.GS

BACA JUGA

Yamaha YZF-R15 Vs New Vixion, Nih Bedanya Detilnya…

Yamaha YZF-R15 Resmi Dijual, Harga Rp 28 Juta OTR Jakarta

Yamaha YZF-R15 2014; Ludes Sehari 1.500 Unit Via On-Line

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353