nhk

Yamaha YZF-R250; Mesin DOHC 250 cc Sudah Muncul, Kaaaaah..?

 


ManiakMotor – Ini hanya praduga boleh juga disebut isu dan silakan dianggap prediksi. Dua mesin yang ditampilkan di ruang depan gedung Yamaha Jepang, salah satunya  dua silinder in-line, itu kalau tidak salah. Sebab keterangannya tidak lengkap.

Ngomong-ngomong mesin dua silinder dengan dimensi sama dengan mesin Kawasaki Ninja 250 jarang pada turunan Yamaha. Boleh dicuraga dpng itu mesin DOHC (double over head chamshaft) yang selama ini diisukan sebagai senjata PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) punya teknologi dua nokken-as tersebut, nanti… 

Boleh ditunjuk DOHC karena bentuk kepala silindernya lebih lebar (besar) terhadap silindernya, atau juga sama. Ya, persis kepala silinder umumnya yang menggunakan DOHC. Besar karena ada dua kem yang harus ditempatkan di situ.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Karena potongan gambarnya tidak lengkap, kelihatan menggunakan konfigurasi kenalpot 2-1. Maksudnya setiap silinder satu leher kenalpot dan dua leher dari dua slinder bertemu jadi satu yang langsung ke tabung kenalpot. Itu ilmu kira-kiranya. Perhatikan foto di atas yang mesin di depan.

Lebih dekat lagi sesuai isu adalah Yamaha YZF-R250. Walau pernah petinggi Yamaha Indonesia bilang, tidak mungkin motor itu selesai 2013, “Yang pasti akan kelar 2014 dan belum jelas spesifikasi sebenarnya, apakah 1 silinder DOHC dua slinder atau bagaimana? Belum bisa ngomong,” begitu kata petinggi YIMM tersebut.

Isu yang kental sebelum masuk lebaran 2013 ini, YIMM malah coba-coba juga bermain moge. Karena di beberapa main dealer Yamaha di Jakarta sudah terpampang Yamaha R1. “Kalau pun ada 250 atau R1 pasti akan diberitakan besar-besaran secara resmi,” kata Eko Prabowo,  General Manager Marketing Communication Yamaha Indonesia.

Artinya tunggu saja sampai benar-benar muncul. Toh namanya prediksi lebih menarik dari pada barangnya sudah ada di depan mata. Ito

BACA JUGA

Yamaha YZF R-250 R4; Terobosan Yamaha Mesin DOHC Di Indonesia

Yamaha YZF R250 (250 R4) 2013-2014, Katanya..!

BAGIKAN