nhk

Yamaha YZF-R6 2017 Versi Jalan Raya, Mirip MotoGP dan Superbike

Yamaha-R6-fairing baru

ManiakMotor – Pada pameran EICMA di Italia tahun lalu, Yamaha telah meluncurkan YZF-R6 versi balap untuk kejuaraan dunia supersport. Nah, produsen garputala memperkenalkan versi jalan raya  dan dipamerkan pada Bangoko Motor Show, sekarang. Tampilan mirip bangat sama versi balap. Disebut, banyak terinspirasi dari motogp 2017 yang ditunggangi Rossi dan Vinales, juga dari kejuaraan dunia superbike.

Belum dijelaskan detail soal teknologi mesin, Juga kapan tiba di showroom

Penampilan R6 baru ini banyak mendapat pujian, terutama desain fairing dan bahan yang dipakai. Sampai ada yang memberi komentar “Plastik Baru, Berani”. Maksudnya, Yamaha berani bermain pakai plastik untuk fairing. Tentu, fairing itu murni dari plastik.

Kita tinggalkan soal plastik. Lebih baik, tengok desain keseluruhan terinspirasi dari motogp 2017. Meski dikomentari tampilan R6 baru ini sangat mirip dengan saudara tuanya R1, Yamaha tidak malu.

Sayang, knalpot kurang mendukung. Tapi, banyak aftermarket yang keren

Coba perhatikan Air Dam (asupan udara) dan kedua sisi ada garis lurus ke atas, sama dengan M1. Untuk meningkatkan daya cengkeram, kalo M1 mengandalkan sayap internal yang diselimuti fairing, pada R6 ada saluran angin disamping lampu sein yang sudah LED. Jadi, semacam sayap kecil tapi menyatu sama fairing bagian bawah.

Menarik lagi, lampu utama bagaikan mata ikan Koi. Posisinya persis di atas lampu sein. Trus, pada kaca spion ada lampu penanda yang LED. Bikin tampilan R6 gahar, pada sisi buritan ada saluran angin.

Soal mesin yang berkapasitas 600, tidak dijelaskan. Hanya, sudah ada sistem kontrol traksi, Quick Shift System, rem ABS, dan suspensi juga baru. Katanya, perubahan dramatis terhadap R6 baru yang membereikan kesan modern dan rasa pada motor setelah melewati 12 tahun. Maliq

BAGIKAN