nhk

YCR 2013 Sentul (Final); QTT YCR1 Dan 2, Pecahkan Rekor IndoPrix

ManiakMotor – Catatan 56.697 detik di Sentul International Karting, Sentul, Bogor, sangat luar biasa. Itu didapat oleh Agus Setiawan saat QTT YCR1 atau Bebek Tune-Up 125 Seeded dalam rangka final Yamaha Cup Race (YCR), Sabtu 16 November 2013. Bila di IndoPrix adalah IP1 yang semua aturan teknisnya  sama. Itu lebih cepat dari IP sepanjang 2013 yang dua kali singgah di sirkuit ini. Sudarmono tercepat QTT saat IP di tempat sama Juni lalu, hanya 57.6 detik sekian-sekian dengan Yamaha Z1 Racing.

Artinya Agus yang membela Yamaha Yamalube TDR FDR NHK Yonk Jaya, bisa mempersingkat nyaris 1 detik. “Saya berhasil minta pada mekanik, agar motor mudah diatur pada putaran tingginya dengan menurunkan kompresi. Juga didukung ban FDR yang memang pas untuk Sentul Kecil. Syukur juga saat QTT, sirkuit kering,” ucap Agus yang dipasang Yonk Jaya tahun ini untuk MotoPrix. 

Sama juga dengan posisi kedua yang ikut merobek catatan  QTT IP. Yang kedua ini masih satu tim dengan Agus. Asal tahu saja, tim dihuni mereka juara IP lewat Sigit PD yang ngetop dengan Z1 Racing-nya. “Saya diinstruksikan untuk menjaga putaran mesin menengah ke atas. Di sudut-sudut tertentu, putaran mesin saya pertahankan dengan cepat membuka gas, ternyata memang sirkuit ini bermain di putaran itu,” kata Richard Taroreh.

 Dua yang di atas masih disusul mereka yang biasa bermain di region Jawa di QTT YCR1 dan YCR2. Di sana ada Sulung Giwa (Yamaha Yamalube NHK 3M FDR Ridlatama), R Fadhil dan Anggi Permana.  Permana sendiri di YRC2 atau Bebek Tune-Up 110 cc Seeded, lagi-lagi menumbangkan catatan IP di sesi yang sama, bahkan catatan Anggi sendiri yang ia bukukan saat seri 4 IP di tempat ini. Saat itu Anggi hanya ke-2 di bawah Sigit PD. Di final YCR ini Anggi mencetak 7.4 sekian, padahal di IP ia hanya 58 detik koma kecil.

Singkatnya, para pemecah rekor tersebut di region Jawa untuk MP dan YCR pemain papan atas, apalagi Anggi yang membela  Yamaha Yamalube FDR Trijaya adalah pemain inti IndoPrix. “Ini kan baru QTT dan memang sesi untuk kencang-kencangan mencari lap terbaik. Yang menentukan adalah lomba. Set-up sekarang tetap dipertahankan, karena di QTT beda-beda tipis di YCR1 dan 2,” kata Gendut, mekaniknya Sulung Giwa.

Baru dah, di antara mereka itu terselip pembalap dari luar Jawa, namanya Reza Fahlevi dari Banda Aceh. Reza pernah malang-melintang di Jawa bahkan sampai ARRC. “Saya lama tak pernah ke Sentul Kecil. Masih lupa-lupa ingat mengatur racing line. Tapi, Minggu, saya akan berusaha mengingat-ingat kuncinya,” kata Reza.

Eh, ngomong-ngomong catatan di bawah 57 detik, itu sangat fantastis brosis. Ghalib

BACA JUGA

Hasil YCR 2013 Sentul (Final), Bogor, Jabar, 16 – 17 November 2013

Final YCR 2013 Sentul; Isu Yamaha R250 Ke Moto3 Dan R15 Yamaha Asean Race

Final YCR 2013 Sentul (Jelang); Puncak Para Jagoan Region Indonesia

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353