nhk

YCR 2013 Seri 1 Bandung; Menuju Balapan Murah, Bolt On Racing Only Jupiter Z1

 

ManiakMotor – Hanya gara-gara Jupiter Z1 balapan akan murah mencakup semua hal, mesin sampai manajemen tim. Dengan biaya rendah, motor akan juara. Itu efek teknologi tinggi. Kemudian dipikir matang-matang oleh divisi motorsport  PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), demi program balapan nasional menuju dunia nanti. Mulainya dari seri pertama Yamaha Cup Race 2013 (YCR), di Sirkuit Brigif, Cimahi, Bandung, Jawa Barat, 18 – 19 Mei 2013.

Di YCR ini mulai diworo-woro Yamaha Jupiter Z1 jauh lebih hemat dari versi karburator. “Itu program kita yang akan berlaku tahun depan. Konsepnya barang bolt on yang memang diciptakan race only. Tanyakan saja pada tim-tim yang berlaga di IndoPrix, mereka sudah kenal Jupiter Z1,” bilang M. Abidin, GM Service And Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Cimahi.

Mirip spare part motor special engine (SE), beli tinggal pasang, ikut balap, dan semoga jadi juara. Memang sih tergantung pembalapnya juga. Tidak repot dan tinggal hitung jam terbang spare-partnya, mirip SE itu. Plag and play.

“Begini Mas, Jupiter Z1 di IP logika murahnya tidak perlu bongkar mesin setelah balap. Dan soal jangka waktu pakai spare part itu sampai 600 km, kira-kira cukup untuk 3 event. Ya jauh lebih murah kan. Yang lebih murah lagi biaya riset. Riset ini kadang memakan separuh biaya tim,” kata Rudi Hadinata, manajer tim Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya. Itu timnya Sudarmono alias Momon yang membesut Jupiter Z1 prototipe.

Masih kata Rudi, spare part itu mencakup piston, silinder, nokenas, sampai Electronic Control Unit (ECU), berikut power tunner untuk setting motor berdasarkan sirkuit. Itu semua yang akan diproduksi Yamaha, tapi belum tahu produksi Jepang atau Indonesia.

“Ganti oli saja tidak terpikirkan dalam lomba. Paling hanya ban dan kampas rem. Kebiasaan lama akan ditinggalkan di balap bebek masa depan,” tambah Adi Yosman, Manajer tim Yamaha Yamalube TDR FDR NHK Yonk Jaya. Ini tim tempat Sigit PD membalap, juara semua sesi seri 2 IP Kenjeran, Surabaya, dengan Jupiter Z1. Adi menambahkan peran mekanik tidak hilang dengan konsep bolt-on.

Misalnya hitungan rasio, itu masih dipegang mekanik. Juga komunikasi pembalap dan mekanik masih diperlukan. Jadi di YCR ini, edukasi soal balapan murah itu didengungkan, terutama tim-tim balap yang berlaga di Motoprix. “Injeksi Jupiter Z1 saya belum paham sama sekali. Tetapi karena biaya yang lebih murah itu, saya sangat tertarik,” cetus Yuanda, Manajer tim Motoprix, Yamaha NHK Asmat Jati Pytra BKMS. Pembalapnya Rusman Fadhil yang berpeluang ke IP tahun depan.

Itu baru dari mesin, imbasnya biaya manajemen balap juga bisa ditekan. “Maksudnya waktu kerja tim bisa dipersingkat. Tidak perlu lagi sampai malam untuk kotak-katik, sore  seluruh awak tim sudah bisa meninggalkan paddock. Kan hal seperti itu juga memakan biaya banyak,” lanjut Supriyanto, Manajer Motorsport YIMM, sembari bilang bolt-on itu mulai akan bisa diedarkan balap musim depan, berikut komputer khsusus menyetel ECU, yang mereknya belum tentu Two D. Gak tau deh apaan.

Segera deh.  Adib

BERITA TERKAIT

Hasil Yamaha Cup Race Cimahi, Bandung, Jabar, 18 – 19 Mei 2013

Yamaha Cup Race Seri 1 Bandung, Safety Riding Dulu Baru Balap, Bukti Pengereman..!

Yamaha Cup Race (YCR) 2013 Jelang Seri-1 Cimahi, Temanya Balap Murah Dan Canggih

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353