nhk

YCR 2013 Seri 2 Medan; Jupiter Z1 Atasi Ketergantungan Teknologi Jawa

 

ManiakMotor – Mesin beli jadi, bukan bikin dari nol. Order dari Pulau Jawa, sesampainya  di Sumatera lewat jasa pengiriman kurang lebih 3 hari. Harga pasti sudah melambung jauh. Pasang dan seting dikit, pembalap langsung gas. Eit, harus latihan dulu untuk menyesuaikan karakter mesin, baru ikut balapan. Itu fenomena di Yamaha Cup Race 2013 (YCR) Seri 2 Region 1 (Sumatera), di Sirkuit IMI Pancing, Medan, Sumut. Fenomena yang lama.

Karena itu, YCR 2013 salah satunya untuk menghapus ketergantungan daerah terhadap Jawa. Terutama proyek balap injeksi lewat Jupiter Z1 ke depan. Yang namanya blok silinder, head, nokenas, klep, ring dan piston adalah bolt-on. Nyettingnya juga tinggal tekan tombol. “Tapi intinya sosialisasi dulu, agar semua siap,” terang Supriyanto dari divisi motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di pinggir sirkuit umpan, eh, Pancing.

YIMM di YCR Medan ini berkunjung dari paddock ke paddock untuk bicang-bincang yang materinya soal itu. Tidak hanya tim-tim seeded, tetapi juga sosialisasi pada  pembalap perorangan dan pemula. Karena nantinya, Z1 bukan hanya untuk kelas full modifikasi, tapi semua kelas akan disiapkan sesuai kebutuhan balapan pemakai garpu tala.

Reza Pahlevi, pembalap 27 tahun asal Banda Aceh yang biasa main di Sumatera, juga ingin secepatnya memangkas ketergantungan motor pada Jawa. Sistem saat ini, balapan di luar Jawa semakin mahal. “Beli jadi motor kan selalu butuh dana tunai keras. Belum lagi perawatan dan kru mekaniknya. Mudah-mudahan dengan sosialisasi lewat YCR ini, hasilnya akan muncul balapan murah,” harap Reza yang 2011 ikut full series ARRC.   

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Hokky Krisdianto yang membalap di YCR Medan, sebab timnya berasal dari Medan, lebih apdol memberi keterarangan. Dia membalap  IndoPrix 2013, kendati belum menggunakan Jupiter Z1. Katanya, dilihat dari Z1 di IP, memang tidak butuh kru yang berlebihan untuk  mengurus motor. “Kalau sudah bolt-on, juga tidak butuh fasilitas teknologi yang berlebihan seperti pisau bubut bersama SDM-nya. Padahal di daerah, fasiltas ini justru penghambatnya. Z1 sudah seperti special engine, dana risetnya juga telah berkurang jauh,” jelas Hokky yang memperkuat Yamaha RPM Medan, tetapi sehari-harinya berada di Sleman, Jogja.

Sementara dengan sistem konvensional, data yang dikirm ke mekanik daerah hanya berdasarkan feeling. Karena dadarnya, mekanik daerah hanya kebagian merawat. Segala sesuatunya harus kembali berhubungan dengan asal motor, yeaah, dana lagi, dong. Maklum, mekanik Jawa juga ada trik bisnisnya, supaya terjalin ketergantungan terus-terusan.

Padahal pembibitan balapan, pengenalan mesin bagian dari itu.  Sejak dini pembalap diajari kasih masukan pada mekanik soal set-up yang ia mau. Misalnya kelas YCR4 (Bebek 4T 110 cc TU Pemula), itu rata-rata usia 12 tahun. Di usia segitu, mereka sebaiknya telah kenal yang namanya gigi rasio, berikut fungsinya. Lebih bagus sudah bisa melapor kurang-lebih rasio disesuaikan sirkuit. Lha, macam mana bila motornya nggak bisa dibongkar dan disayang-sayang, kan mahal. Salah bongkar, ya duit.

Kevin Nuari, mekanik dari Yamaha Alfa Scorpi NHK TDR yang pembalapnya Deri Satiasuanrso, 12 tahun, antara kaget dan senang. Hampir saja dia memeluk reporter maniakmotor.com saat mengabarkan pada dirinya. Tapi ia sadar yang berdiri di depannya, baru ia kenal, termasuk portalnya, hehe. Bahwa ke depan balapan sudah lebih canggih, tapi murah.  “Saya baru dengar  Jupiter Z1 injeksi bisa bolton dibikin balap, itu kabar yang sangat bagus. Karena memang kendala mekanik di sini semuanya serba kurang,” ujar Nuari yang dari wajahnya ingin segera mendapati Z1.

Lalu kapan Jupiter Z1 benar-benar dibuka Pak? “Nanti, pasti cepat atau lambat kita akan share soal Z1. Semua harus dihitung dan disiapkan matang, yang penting tahap sosialisasi dulu, bahwa Z1 akan menghapus ketergantungan daerah,tutup Supriyanto yang dari wajahnya terbesit keyakinan, seyakin-yakinnya.

Mantap gitu deh. Adib

BERITA TERKAIT

Hasil YCR Medan, Sumut, Semua Sei, 1 – 2 Juni 2013

YCR 2013 Seri 2 Medan; Safety Riding Dari Pembalap Untuk Masyarakat

YCR 2013 Seri-2 Medan; Menaklukkan Sirkuit Permanen Pancing

Jelang YCR 2013 Medan; Jatah Region I Sosialisasi Balapan Canggih Tapi Murah

YCR 2013 Seri 1 Bandung; Menuju Balapan Murah, Bolt On Racing Only Jupiter Z1

 

BAGIKAN