nhk

YCR 2013 Seri-2 Medan; Menaklukkan Sirkuit Permanen Pancing

 


ManiakMotor – Yamaha Cup Race (YCR)  2012 seri ke-2 tepatnya di Sirkuit Pancing, Medan, Sumatera Utara. Balap menuju pentas dunia ini, Sabtu, 1 Juni telah melakukan QTT. Sirkuit Pancing sendiri panjangnya sekitar 1.250 meter. Layout, karakter dan kondisi sirkuit langsung terpantau reporter maniakmotor.com dari sana.

Lebar rata-rata sirkuit Pancing 15 meter dengan 12 tikungan kombinasi.  Saat ditanya pada pembalap berpengalaman di sirkuit ini, jawabannya?  “Macamnya ini sirkuit pakai teknik Mas. Settingan harus  pas, terutama suspensi,” bilang Reza Pahlevi, pimpinan klasemen sementara Motoprix (MP) region 1 atau Sumatera yang ikut di YCR ini.

Sebab aspal sirkuit banyak belang-belang brosist. Maksudnya tidak rata alias rada-rada keriting. Makanya masih kata Reza ia akan fokus sesuai kelas diikutinya. “Di kelas YCR1 atau Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Seeded dan YCR2 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Seeded), suspensinya saya buat lembut, itu karena ikuti maunya power motor yang besar. Tetapi sebaliknya YCR2, saya buat keras. Karena saya yang memaksa motor mengikuti gaya saya,” tambah Reza yang pernah main full series di ARRC 2011 itu.

Artinya mengatur rebound sokbreker disirkuit bumpy ini jadi kunci. Ya kunci menuju ke final region diakhir tahun. YCR di Pancing ini, bagian dari pemilihan wakil ke Yamaha Asean Race (YAR).  Seperti itu YCR sejak dulu, balapannya berjenjang. balapan punya anak tangga pembibitan.

“Saya tipikalnya halus, walau agak susah menjaga racing line karena aspal kurang rata. Mudah-mudahan gaya saya sesuai maunya motor dan sirkuit, tentu juga dengan maunya saya,” sahut Hokky Krisdianto, pembalap IndoPrix asal Magelang, Jawa Tengah dari tim Yamaha Yamalube RPM. Maklum, tim pemain senior home base-nya di Medan, Sumatera Utara.

Boleh taruhan, saat race day besok persaingan Reza dan Hokky bakal panas di dua kelas tadi. Tentu tanpa mengesampingkan 10 pembalap lain. Salah satunya Dimas Topo asal Riau, “Saya sudah empat kali main disini. Semoga saja besok dapat memulai lomba dari grid yang bagus,” bilangnya yang tergabung dalam tim Yamaha RPM BHK SSS AHRS Yonk.Adib

BERITA TERKAIT

Hasil YCR Medan, Sumut, Semua Sei, 1 – 2 Juni 2013

Jelang YCR 2013 Medan; Jatah Region I Sosialisasi Balapan Canggih Tapi Murah

YCR 2013 Seri 1 Bandung; Menuju Balapan Murah, Bolt On Racing Only Jupiter Z1

BAGIKAN