nhk

YCR 2013 Seri 2 Medan; Safety Riding Dari Pembalap Untuk Masyarakat

 

 

ManiakMotor – Ini Medan bung. Iya tahu,  tempat berlangsungnya seri 2 Yamaha Cup Race 2013 (YCR), di Sirkuit IMI Pancing, Medan, Sumatera Utara, kan. Balapan menuju dunia, tetapi dimulainya dari program safety riding. Tidak asal kebut bro, safety riding di YCR Medan ini, masyarakat diajarkan mengerem dengan baik, langsung dari pembalap IndoPrix (IP) dan Motoprix (MP) pada Minggu, 2 Juni 2013.

Mentornya pencetak waktu qtt terbaik kemarin. Macam, Hokky Krisdianto yang dikenal pembalap senior IP 2013. Juga ada Reza Pahlevi, Dimas Topo, Agung Febri dan M. Irvansyah Putra dari MP region Sumatera.

“Titik pengeraman di balap dan berkendara sehari-hari berbeda. Jelas bahaya di jalan raya, karena bersinggungan langsung dengan pengguna jalan lain. Caranya memainkan rem depan dan belakang harus secara bersamaan dan teratur,” kiat Hokky yang gaya balapnya halus itu.

Programnya untuk masyarakat Medan, juga pembaca portal ini. Karakter lalu lintas di Medan memang keras. Maksudnya masyarakat sini jauh dari perilaku berkendara aman. Itu dipantau langsung reporter selama perjalanan menuju sirkuit, tetapi diperkuat lagi dengan komentar dari pihak Soul GT Club Chapter Medan.

“BETUL, Bang. Biza lihat zendiri. Mungkin banyak penonton ke sini datang dari rumah tidak pakai HELEM. Bonceng bertiga, belok sembarangan, itu karena sosialisasi safety  riding di sini zangat minim. Semoga dari YCR akan terus berlanzut, karena keselamatan berkendara PENTING sekali,” bilang Yongki yang ditemui reporter di sirkuit dengan logat Medan yang keras.

Simulasi langsung di tempat start, persis di YCR seri 1 di Cimahi, Bandung. Kali ini ditambah pakai Yamaha Jupiter Z1, motor yang punya sasis lincah dan gesit. Selapselip saat macet ayo, apalagi menyusur tikungan rolling speed. Ada juga Xeon RC dan X-Ride, “Beda dengan di sirkuit, di jalan raya, rem depan jangan terlalu deras, untuk menghindari roda depan terkunci,” tambah Dimas Topo, dari tim Yamaha RPM BHK SSS AHRS Yonk.

Seperti itu yang ditekankan di YCR ini, juga sebanarnya mengerem seperti pemaparan tadi membuat bensin lebih irit, karena mesin mengalami proses reduksi dengan halus. Silakan praktikan langsung deh, tetapi pakai helm dulu sebelum berkendara. Jangan kalah dengan anak-anak usia 4-5 tahun, maksudnya di YCR juga disediakan coaching clinic dari usia dini.

“Anak-anak adalah masa depan kita dan Yamaha. Saya pribadi sangat peduli program untuk keselamatan anak-anak ini,” ujar Yutaka Terada, Direktut Marketing PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), yang ditemui di lokasi safety riding for kids, dengan 6 unit Yamaha PW 50 cc. Itu tepat setelah opening ceremonial YCR 2013 Medan, klik saja foto-fotonya. Adib

BERITA TERKAIT

Hasil YCR Medan, Sumut, Semua Sei, 1 – 2 Juni 2013

YCR 2013 Seri-2 Medan; Menaklukkan Sirkuit Permanen Pancing

Yamaha Cup Race Seri 1 Bandung, Safety Riding Dulu Baru Balap, Bukti Pengereman..!

Jelang YCR 2013 Medan; Jatah Region I Sosialisasi Balapan Canggih Tapi Murah

BAGIKAN