nhk

YCR 2013 Seri 2 Pekalongan, QTT Dipegang Motoprix, Waspada di R2

 

ManiakMotor – Rebah kanan empat kali dan dibalas ke kiri tiga. Itu jumlah tikungan di sirkuit dadakan Alun-alun Kajen, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.  Sirkuit ini jadi tempat Yamaha Cup Race 2013 (YCR) Seri 2 (Region Jawa) yang berlangsung 15 – 16 Juni 2013.

Khusus R2 terjadi pengecilan line menjadi 5 meter. Di areal lain, lebarnya konsisten di 7,5 meter. Tetapi, di jalur yang lebar lima meter  itu menjadi seni melipat motor. Memang nggak dilipat lalu diisi di kantong, brosist, tapi zig-zag pengertian dari melipat kuda besi. Pasti model begini disukai pembalap yang sering tampil di MotoPrix. Buktinya, saat QTT Sabtu,  pada dua kelas tertinggi YCR1 (Bebek 4-Tak 125 cc Tune Up Seeded) dan YCR2 (Bebek 4-Tak 110 cc Tune Up Seeded), dipegang pembalap MP, ya tentu saja MP Jawa.

Bisa begitu? Karena karakter dan kebiasaan. Toh, nanti para pembalap IndoPrix akan belajar cepat dengan makin hapalnya soal sirkuit. Total dari 7 tikungan, 3 di antaranya pakai gigi 1, ciri khas pasar senggol yang patah-patah. Keluar tikungan, disambut dengan gejala sliding roda belakang. Harus ingat-ingat lagi, justru sekarang terbalik, saya yang harus tiru teknik pembalap MP,” kata Hokky Krisdianto dan Floranius Roy, dua pembalap IP yang diasapi junior-juniornya. Selain Hokky dan Roy, masih banyak  pembalap IP lain yang ikut dii YCR Pekalongan ini.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Pole posisition YCR1 pun jadi milik  Agus Setiawan dari Yamaha YamalubeTDR FDR NHK Yonk Jaya. Sedang YCR2 ditangkap M. Zaki, yang membela tim Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya. Kedua pembalap itu ngetop di MP Jawa.  Catatan waktu, silakan klik RESULT.

Keliru di R2, bukan glosor ke gravel, tetapi akan menghantam karung beserta antek-anteknya macam ban bekas dan pagar. Itu menimpa Richard Taroreh, rekan setim Agus. Taroreh cidera tangan. “Di tikungan R2 harus pas menutup gas dan melakukan pengereman. Tidak boleh asal tebak,” bilang Anggi Permana, pembalap IP yang satu tim dengan Zaki. Anggi juga satu-satu pembalap IP yang start dari front row.

Daya ingat Anggi setelah 3 tahun di IP masih tajam meliukan motor dan badannya di sirkuit ala MP. Ia bisa posisi dua saat QTT YCR1. Minggu (16/6) persaingan akan sengit, dan butuh nyali. Terutama selepas start, semua pembalap akan berusaha ke depan menghindari bergerombol, termasuk saya,” tambah Anggi.

Di samping itu kondisi aspal di beberapa bagian masih baru. “Agak licin. Suspensi harus disetting bound dan rebound cepat. Fokus set-up mesin pada putaran bawah sampai menengah. Sebab gigi 4 tidak mencapai puncaknya di trek lurus, karena keluar R terakhir itu turunan,” timpal Novi Ridlatama, Manajer tim Yamaha Yamalube NHK 3M FDR Ridlatama RT. Adib



BACA JUGA

Hasil YCR 2013 Pekalongan, Jateng, 15 – 16 Juni 2013

Yamaha Cup Race (YCR) 2013, Jelang Seri 3, Batal Di Solo, Pindah Pekalongan

YCR 2013 Seri 2 Medan; Jupiter Z1 Atasi Ketergantungan Teknologi Jawa


BAGIKAN