nhk

YCR 2013 Seri 3 Pekalongan, Safety Luar Dalam, Ditambah Disiplin

 

 

ManiakMotor – Belum mulai, tapi persiapan telah dilakukan tepat setelah usai QTT Sabtu, 15 Juni 2013. Misalnya briefing pengetahuan soal edukasi safety riding Minggu 16 Juni. Isi materinya  pegereman, pindah gigi, menikung, pakai helm, dan sarung tangan. Mirip latihan sebelum pentas, supaya penonton di sirkuit Alun-alun Kajen, Jateng bisa mencerna   isi pesan singkat yang dipraktekkan oleh pembalap IndoPrix (IP) dan Motoprix(MP).

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Tiga pembalap Hokky Krisdianto (IP), Yoga Adi (IP) dan Rusman Fadhil (MP) yang akan memeragakan. “Latihan buat besok. Supaya bersamaan mereka kompak mempraktekkannya ke masyarakat umum. Ya, supaya juga nggak asal-asalan,” kata Andri Saputra, Koordinator Yamaha Racing Academy (YRA). Baik Pak, silahkan lanjutkan briefingnya.

Ya memang singkat, kurang lebih 30 menit. Pembalap sebelumnya mengitari sirkuit untuk perkenalan, itu dengan Yamaha Jupiter Z1, Xeon RC dan X-Ride. Supaya paham, penonton juga harus perhatikan, agar pesan keselamatan berkendara ini dapat dipraktekan langsung pulang dari sirkuit. Boleh kok direkam pakai hp, dan dipelajari dirumah. Atau baca maniakmotor.com besok, soal tekniknya. Dijamin fahaaaam

Kampanye safety tidak hanya itu, tapi masuk sampai sirkuit dan paddock tim. Misalnya disirkuit, ada spanduk bertuliskan himbauan dilarang menggunakan ponsel saat berkendara. “Petugas official committee, atau pengibar bendera kuning diareal sirkuit pakai helm Mas. Itu karena pekerjaan mereka berdekatan dengan insiden. Minimal mengurangi risiko kecelakaan fatal,” tambah Andri.

Dipaddock malah ada denda Rp 500.000 bilamana kedapatan merokok. Tambah jadi Rp 1 juta, apabila buang puntung rokok sembarangan.Ini namanya peraturan yang dibuat untuk mewujudkan konsep YCR. Yaitu balapan menuju pentas dunia yang kuncinya disiplin. Adib

BACA JUGA

Hasil YCR 2013 Pekalongan, Jateng, 15 – 16 Juni 2013

YCR 2013 Seri 2 Pekalongan, QTT Dipegang Motoprix, Waspada di R2

Yamaha Cup Race (YCR) 2013, Jelang Seri 3, Batal Di Solo, Pindah Pekalongan

 

 

BAGIKAN