nhk

YCR Boyolali 2019: QTT YCR1 (MP1) MX-King Ervin Firmansyah Tercepat, Setelan AFR-nya Tinggi

Ervin (85)

ManiakMotor – Tipikal sikuit Gokart di Boyolali, Jateng butuh power bawah ke tengah. Lintasan sepanjang 1,279 meter dengan 13 tikungan itu, lebarnya hanya 8 meter. Maka, dari tikungan ke tikungan butuh power yang besar. Gir ringan dan kompresi tinggi.

Pasukan Bahtera dengan bos besarnya

Konsep itulah yang dipegang oleh mekanik Yamaha Bahtera NHK SSS Racing Team pada MX-King-nya. Sudah diterapkan pada MX-King di kelas YCR1 atau MP1 ketika QTT pada Sabtu 27 April 2019 dalam rangka ronde pertama Yamaha Cup Race 2019. “Kompresi biasanya bermain 13.8:1 di sirkuit ini harus naik jadi 14:1,” kata Anton GDT, mekanik Bahtera.

Bahtera salah satunya menurunkan Ervin Firmansyah di YCR1. Ervin yang tahun lalu menggunakan beda merek itu langsung melejit di kualifikasi Bebek 4T 150 cc TU Seeded tersebut. Dia satu-satunya pembalap yang mampu mencetak di bawah 56 detik. “Karena sudah sore dan mendung, AFR-nya saya naikan jadi 12.2. Ini tinggi, karena sudah sore tadi. Bila cuaca terik paling bermain di angka 11.8,” tambah Anton.

Jangan lihat motor di depannya, tapi yang di belakangnya. Kenapa tuh sayapnya

Menurut Ervin dia langsung bisa menyatu dengan MX-King, karena memang motor Semakin Di Depan. Katanya, awal-awal sesi QTT dia hanya memahami karakter MX-King bermain di Boyolali.

“Karena sirkuit ini rada tekniks. Ada rolling, ada pengeraman keras dan terutama di R9 harus ada slide kanan. Juga butuh tenaga motor sejak gas dibuka usai lepas dari tikungan. Baru deh 10 menit akhir saya push, eh masih 56 detik. Di push lagi di akhir sesi dan berhasil,” sebut Ervin yang tepatnya mencetak 55.822 detik.

Ok deh. Menurut Bahtera mereka sudah siap bertarung untuk race Minggu. Tinggal memainkan mapping yang sesuai cuaca. Raider

BACA JUGA

Hasil Yamaha Cup Race (YCR) Boyolali, Jateng 27 – 28 April 2019

 

BAGIKAN